Childfree Bikin Awet Muda? Ini Kata Wulan Guritno
Wulan Guritno (Ivan Two Putra/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Beberapa hari belakangan, childfree menjadi perbincangan hangat di media sosial. Istilah tersebut kerap diungkap oleh influencer Indonesia yang menetap di Jerman, Gita Savitri Devi.

Gita dalam vlognya mengatakan childfree atau kondisi dimana seseorang atau pasangan memutuskan untuk tidak memiliki anak sebagai salah satu faktor yang membuatnya terlihat awet muda.

Atas pernyataan influencer itu, warganet mencoba menyanggah dengan memberi contoh apa yang terjadi pada Wulan Guritno. Sudah berusia 41 dan memiliki tiga orang anak, sang aktris masih terlihat muda. Bahkan tak jarang ia kerap diaebut sebagai kakak dari putri sulungnya, Sahalom Razade yang masih berusia 24 tahun.

Ikut terbawa dalam polemik Gita Savitri dengan warganet, Wulan mengemukakan pendapatnya mengenai childfree yang disebut sebagai faktor seorang wanita bisa terlihat awet muda.

“Kalau menurut aku, (terlihat awet muda) ini enggak ada hubungannya dengan punya anak atau tidak punya anak, punya suami atau tidak punya suami. Enggak ada urusan sama hal itu,” kata Wulan Guritno saat ditemui di SCBD, Jakarta Selatan pada Jumat, 10 Februari 2023.

Wulan menilai faktor utama seseorang terlihat awet muda adalah genetik. Meski begitu, seseorang yang tidak memiliki gen untuk terlihat awet muda juga masih bisa mengusahakannya lewat pola hidup yang lebih teratur.

“Bagaimana kita menjaga diri, kesehatan dari luar dan dalam, pikiran, makanan, olahraga teratur dan tidur yang cukup. Itu yang menjaga kita awet muda,” pungkasnya.