Bagikan:

YOGYAKARTA – Mengetahui tipe kepribadian anak adalah salah satu bekal ilmu parenting yang sangat penting. Orang tua harus tahu tipe kepribadian yang dimiliki oleh sang anak untuk menentukan bagaimana sebaiknya pola asuh yang diterapkan.

Selain itu mengetahui tipe kepribadian anak kecil akan membantu para orang tua tahu cara mendidik anak serta cara menghadapi mereka di masa pertumbuhan psikis mereka.

Tipe Kepribadian Anak

Perlu diketahui, awal mula munculnya tipe kepribadian anak berasal dari pemikiran dokter Yunani Kuno, Hippocrates. Dalam teorinya ia mengatakan bahwa di dalam tubuh manusia ada empat cairan yang punya kandungan sifat unsur alam. Keempat cairan tersebut adalah chole (empedu kuning) yang punya sifat kering.

Selain itu ada cairan melanchole (empedu hitam) dengan sifatnya basah, lalu cairan phlegma (lendir) yang bersifat dingin, dan sanguis (darah) dengan sifat cenderung panas.

Dilansir dari Medicinenet, berikut ini masing-masing tipe kepribadian yang dimiliki oleh anak beserta sifat yang dimilikinya.

  1. Sanguinis

Tipe kepribadian pertama adalah sanguinis. Anak yang punya kepribadian ini biasanya lebih populer karena pembawaannya yang selalu riang, menyenangkan, bahkan dikenal ekstrovert. Sanguinis sangat suka berinteraksi dengan orang  banyak sehingga mampu menerima siapapun yang mendekat ke dirinya.

Namun anak dengan tipe kepribadian sanguinis akan mudah bosan jika berdiam diri di dalam rumah. Ia juga akan merasa kesulitan jika tidak ada hiburan di depannya.

  1. Melankolis

Tipe kepribadian selanjutnya adalah melankolis. Anak dengan tipe kepribadian ini cenderung sering murung, pesimis, dan cukup perasa. Ciri-ciri anak kepribadian melankolis biasanya kreatif, serius, berbakat, romantis, dan punya jiwa artistik. Anak dengan tipe melankolis biasanya dikenal setia, lebih memilih menghindari konflik dan senang berbuat baik kepada orang lain.

Anak dengan kepribadian melankolis memang dikenal cukup sensitif sehingga ia akan mudah menangis karena emosinya mudah bergejolak.

  1. Phlegmatis

Anak bertipe phlegmatis cukup mudah untuk dikenali. Anak dengan kepribadian ini banyak dianggap pemalas, tenang, sekaligus tidak mudah marah dan emosi, tak gampang berubah pendirian sabar, dan lebih cenderung introvert.

Sikap pesimis anak phlegmatis cukup berdampak pada pekerjaannya. Oleh karena itu anak tipe kepribadian ini harus banyak dimotivasi.

  1. Koleris

Hippocrates menganggap ada anak yang cenderung punya empedu kuning lebih banyak sehingga tubuhnya akan terlihat besar dan kuat. Anak dengan tipe kepribadian ini dikenal cukup aktif. Biasanya ia lebih kompetitif, bersemangat, suka berpetualang, serta saat memuliki kemauan ia akan mengupayakannya.

Selain itu anak dengan tipe ini cenderung tidak mudah untuk mengendalikan diri dan terkenal garang bahkan condong ke agresif. Kondisi itu dibarengi dengan sikap disiplin dan etos kerja yang tinggi.

Itulah informasi terkait tipe kepribadian anak. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.