Bagikan:

YOGYAKARTA - Bau busuk saat napas melalui hidung merupakan permasalahan yang lumayan mengusik, baik untuk pengidapnya ataupun orang di sekitarnya. Keadaan ini dapat mempengaruhi kepercayaan diri serta kenyamanan dalam berhubungan sosial. Walaupun kerap kali disalahartikan selaku permasalahan mulut, bau busuk yang tercium pada saat bernapas lewat hidung umumnya berasal dari permasalahan pada saluran pernapasan ataupun sinus. Dalam postingan ini, kita bakal mangulas bermacam pemicu bau busuk saat napas lewat hidung serta metode efisien buat mengatasinya.

Pemicu Bau Busuk Saat Napas Lewat Hidung

1. Infeksi Sinus (Sinusitis)

Salah satu pemicu paling umum bau busuk saat napas melalui hidung merupakan sinusitis ataupun infeksi pada sinus. Sinus merupakan rongga berisi udara yang terletak di belakang tulang wajah serta hidung. Kala sinus terinfeksi, umumnya bakal terjadi penumpukan lendir yang dapat jadi tempat tumbuh biaknya bakteri. Bakteri inilah yang menimbulkan keluarnya bau busuk tiap kali bernapas. Indikasi lain yang kerap timbul bersama sinusitis yaitu hidung tersumbat, nyeri di zona wajah, serta keluarnya cairan kental dari hidung.

2. Rinitis Alergi

Rinitis alergi terjadi pada saat hidung teriritasi oleh alergen semacam debu, serbuk sari, ataupun bulu hewan. Keadaan ini bisa menimbulkan produksi lendir berlebih yang menumpuk di dalam rongga hidung, sehingga merangsang peradangan sekunder yang menimbulkan bau tidak sedap. Walaupun rinitis alergi sendiri umumnya tidak menimbulkan bau busuk, infeksi sekunder akibat penumpukan lendir dapat merangsang bau yang tidak menyenangkan.

3. Benda Asing dalam Hidung

Pada anak-anak, benda asing yang tersangkut di dalam hidung kerap kali jadi pemicu bau busuk saat nafas melalui hidung. Pada saat benda asing ini berada di dalam hidung buat waktu yang lama, bakteri bisa berkembang biak di sekitarnya, menimbulkan infeksi serta bau busuk. Bila ini terjadi, lekas bawa anak ke dokter buat mengeluarkan benda asing tersebut dengan aman.

4. Polip Hidung

Polip hidung merupakan pertumbuhan jaringan lunak yang tidak beresiko di dalam rongga hidung ataupun sinus. Walaupun polip sendiri tidak menimbulkan bau, tetapi polip yang besar dapat membatasi saluran respirasi serta menimbulkan penumpukan lendir yang bisa jadi sumber bau tidak sedap. Polip pula dapat merangsang infeksi, yang pada kesimpulannya menimbulkan bau busuk.

5. Karies Gigi serta Infeksi Gusi

Walaupun bau busuk saat nafas melalui hidung biasanya terpaut dengan permasalahan pernapasan, infeksi pada gigi ataupun gusi pula dapat jadi penyebabnya. Infeksi pada akar gigi ataupun gusi yang parah bisa menimbulkan bau busuk yang terasa saat bernapas lewat hidung. Permasalahan ini kerap kali diiringi dengan rasa nyeri pada gigi ataupun gusi yang terinfeksi.

6. Tonsilitis

Peradangan pada amandel (tonsilitis) pula bisa menimbulkan bau busuk saat bernapas. Amandel yang terinfeksi kerap kali menampung bakteri serta jaringan mati yang menghasilkan bau busuk. Keadaan ini pula bisa menimbulkan nyeri tenggorokan serta kesulitan menelan.

Cara Mengatasi Bau Busuk Saat Napas Lewat Hidung

Bila Kalian alami bau busuk saat napas lewat hidung, penting buat menemukan pemicu utamanya supaya dapat memperoleh penyembuhan yang tepat. Berikut merupakan beberapa langkah yang bisa diambil buat menanggulangi permasalahan ini:

I. Konsultasi dengan Dokter THT (Telinga, Hidung, Tenggorokan)

Bila bau busuk selalu terjadi serta disertai dengan indikasi lain semacam nyeri, demam, ataupun hidung tersumbat, lekas bertanya dengan dokter THT. Dokter bisa melaksanakan pengecekan lebih mendalam, semacam endoskopi hidung, buat melihat apakah ada infeksi, polip, ataupun benda asing di dalam hidung.

II. Pemakaian Obat Dekongestan serta Semprotan Hidung

Bila pemicu bau busuk merupakan peradangan sinus ataupun rinitis alergi, dokter bisa jadi bakal meresepkan dekongestan buat kurangi pembengkakan pada rongga hidung. Tidak hanya itu, semprotan hidung yang memiliki steroid bisa menolong mengurangi infeksi serta menghindari penumpukan lendir.

III. Membersihkan Hidung dengan Larutan Garam

Irigasi hidung dengan larutan garam steril bisa menolong membersihkan lendir yang menumpuk serta melenyapkan bakteri dari dalam rongga hidung. Ini merupakan metode yang aman serta efisien buat memelihara kebersihan hidung serta kurangi bau tidak sedap.

IV. Perawatan Gigi serta Mulut

Bila bau busuk berasal dari infeksi gigi ataupun gusi, lekas periksakan ke dokter gigi. Menjaga kebersihan mulut secara rutin, seperti menyikat gigi serta memakai benang gigi, pula bisa menolong mencegah permasalahan pada mulut yang dapat merangsang bau tidak enak.

V. Operasi buat Polip ataupun Benda Asing

Bila bau busuk diakibatkan oleh polip hidung yang besar ataupun benda asing di dalam hidung, dokter bisa jadi bakal merekomendasikan prosedur bedah buat mengatasinya. Prosedur ini penting buat mengembalikan fungsi normal hidung serta melenyapkan sumber infeksi.

Selain itu, cobalah 7 Makanan yang Efektif Mengatasi Bau Mulut

Jadi setelah mengetahui bau busuk saat napas lewat hidung, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!