Bagikan:

YOGYAKARTA – Mozzarella dan burrata sama-sama keju dengan tekstur agak lunak yang enak dimakan saat segar. Keduanya sama-sama berasal dari Italia selatan, tetapi apa perbedaan keju mozzarella dan burrata?

Mozzarella adalah keju yang secara tradisional dibuat dari susu kerbau. Keju ini juga bisa dibuat dengan susu sapi dengan hasil rasa yang lembut dan tekstur yang sama-sama empuk seperti berbahan susu kerbau. Keju mozzarella adalah jenis filata yang terbuat dari dadih yang ditarik dari pasta.

Keju mozzarella diregangkan saat dibuat, jadi rantai proteinnya memanjang dan karena itulah yang menyebabkan keju jenis ini bisa molor dan berserat khas. Mozzarella juga sebagai salah satu keju terbaik untuk pizza. Lalu bagaimana dengan burrata? Apakah memiliki serat yang bisa molor dan tekstur selembut mozzarella?

perbedaan keju mozzarella dan burrata
Ilustrasi perbedaan keju mozzarella dan burrata (Freepik)

Keju burrata, terbuat dari mozzarella. Tetapi keduanya adalah jenis keju yang berbeda. Burrata dibuat dengan mengambil kulit mozzarella segar, mengisinya dengan potongan atau krim keju mozzarella, lalu memutar bagian atasnya untuk membentuk seperti bola.

Biasanya, burrata dijual dalam wadah berisi air garam. Tujuannya supaya keju tetap segar namun memang, paling nikmati dinikmati setelah burrata siap disantap. Hal yang tak biasa, saat burrata diiris, bagian isi yang seperti mentega akan meleleh ke luar. Burrata juga paling sering dilengkapi dengan condiment seperti cuka balsamic, minyak zaitun, dan diletakkan di atas salad segar.

Selain beda tekstur, cara pembuata, dan cara paling umum dalam menghidangkan dua jenis keju ini, juga perlu diketahui berapa kandungan natriumnya. Meskipun setiap produk akan memiliki kandungan berbeda. Tetapi mozzarella lebih banyak mengandung natrium daripada burrata. Melansir Taste of Home, Jumat, 9 Agustus, pada merek BelGioioso, dalam satu ons mozzarella mengandung lima gram protein dan burrata sebanyak tiga gram.

perbedaan keju mozzarella dan burrata
Ilustrasi perbedaan keju mozzarella dan burrata (Freepik)

Nah, untuk menggunakan keju mozzarella dan burrata ini juga harus dipertimbangkan. Untuk hasil baking yang kenyal tetapi lembut, maka Anda bisa memakai keju mozzarella. Mozzarella adalah pilihan yang tepat untuk resep seperti pizza buatan sendiri, sandwich keju panggang, dan ayam parmesan. Berbeda dengan burrata, jika Anda ingin memberikan isian untuk roti dengan tambahan minyak zaitun, maka pilihlah keju yang lembut ini. Burrata juga bisa melengkapi salad sayur, grill, atau resep lainnya.