Bagikan:

YOGYAKARTA – Di atas seloyang pizza, tidak hanya keju mozzarella. Selain beef atau daun basil, ada berbagai macam komposisi rempah termasuk saus yang memperkaya rasa pizza. Penting diketahui, keju untuk pizza harus dipilih dengan pas. Inilah jenis keju terbaik untuk pizza dan alasan kenapa memakai keju tersebut.

1. Mozzarella

Mozzarella adalah jenis keju terbaik karena sangat mudah meleleh, melar, dan warnanya kecokelatan. Ditambah lagi, mozzarella memiliki rasa yang lembut dan sempurna untuk pilihan pizza klasik. Tetapi pilihlah mozzarella yang rendah kadar air. Biasanya produk ini memiliki rasa lebih asin dan masa simpan lebih lama.

jenis keju terbaik untuk pizza
Ilustrasi keju mozzarella salah satu jenis keju terbaik untuk pizza (Freepik)

2. Keju parmesan

Keju yang keras dan tua, biasanya tidak akan meleleh atau melar sebaik keju yang lebih muda. Keju yang lebih muda, akan menghasilkan tekstur lunak setelah dipanggang. Meski demikian, menambahkan sedikit keju yang keras memberikan tambahan rasa umami pada pizza. Termasuk ketika menambahkan keju parmesan parut di atas mozzarella setelah dipanggang atau sebelumnya.

3. Keju provolone

Provolone adalah keju semi-keras yang dijual dalam varietas tua dan muda. Melansir The Kitchn, Rabu, 7 Agustus, pilih keju yang muda untuk daya regang maksimal dan tekstur lembut. Jika menginginkan rasa yang tajam, pilihlah keju yang tua.

jenis keju terbaik untuk pizza
Ilustrasi keju provolone salah satu jenis keju terbaik untuk pizza (Freepik)

4. Keju ricotta

Ricotta adalah keju segar yang dibuat dengan menambahkan asam ke dalam susu atau whey dan kemudian membentuk dadih lembut. Teksturnya yang lembut dapat disendok tetapi tidak sepenuhnya meleleh. Rasanya ringan dan kandungan airnya tinggi. Nah, keju ricotta sangat cocok untuk pizza putih tanpa saus tomat karena bisa menambah kelembapan pizza. Atau, Anda bisa menambahan pada resep pizza biasanya dipadukan bersama mozzarella.

5. Keju cheddar

Keju cheddar bukan pilihan terbaik untuk pizza. Ini karena lemak dan kepadatannya dapat terpisah saat terkena suhu tinggi saat memanggang pizza. Namun keju cheddar bagus untuk dicampurkan bersama keju yang lain. Tetapi pilih keju cheddar yang lembut dan lebih muda.

jenis keju terbaik untuk pizza
Ilustrasi keju kambing salah satu jenis keju terbaik untuk pizza (Freepik)

6. Keju kambing atau coat cheese

Keju kambing memiliki rasa yang khas. Ada sedikit rasa asam dan konsistensi yang lembut. Cita rasa keju jenis ini, cocok dipadukan dengan topping lebih manis, seperti bawang karamel yang menyeimbangkan profil cita rasa pizza. Melansir Home Slyce, keju kambing bisa ditambahkan di atas pizza untuk mendapatkan sentuhan gourmet.

7. Keju gouda

Gouda menawarkan kekayaan rasa smookey pada pizza. Biasanya dipadukan dengan sosis atau pepperoni untuk mendapatkan rasa kompleks. Tekstur keju jenis ini, lembut namun menghasilkan lelehan halus membungkus toping.

8. Pecorino Romano

Pecorino Romano dikenal karena memiliki rasa yang tajam, asin, dan menambahkan rasa umami pada pizza. Keju Italia yang keras ini, bertindak sebagai penambah rasa, menajamkan rasa saus tomat, dan rasa gurih. Karakter keju terbaik untuk pizza ini, rapuh dan tidak meleleh seperti mozzarella.

jenis keju terbaik untuk pizza
Ilustrasi pecorino romano jenis keju terbaik untuk pizza (Freepik)

Itulah delapan jenis keju terbaik untuk pizza. Anda bisa coba memakai jenis keju di atas untuk membuat pizza di rumah. Untuk tawaran menu di restoran, Anda juga bisa mengeksplorasi rasa lewat resep setiap pizza dari chef-nya.