Inovasi Produk Olahan Singkong, BIsa Jadi Ide Bisnis yang Laris di Pasaran
Ilustrasi inovasi produk olahan singkong (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Singkong menjadi salah satu makanan terbaik untuk pengganti nasi karena mengandung nutrisi dan karbohidrat tinggi. Indonesia juga terkenal sebagai salah satu negara penghasil singkong terbanyak di dunia. Tidak hanya bisa dijadikan makanan pokok, ada sejumlah inovasi produk olahan singkong yang bisa dibuat untuk menambah nilai jualnya. 

Pemerintah Indonesia terus mendorong masyarakat di berbagai daerah untuk mengolah singkong dengan cara menarik dan inovatif sehingga menjadi produk yang lebih memiliki daya tawar. Singkong merupakan pangan yang potensial diolah menjadi berbagai produk kuliner bervariasi dan modern. 

Lantas apa saja inovasi produk olahan singkong yang bisa dihasilkan oleh masyarakat, khususnya di daerah yang mendukung budidaya singkong. 

Ide Inovasi Produk Olahan Singkong

Singkong bisa diolah menjadi makanan lezat yang tak kalah dengan kuliner modern dari luar negeri yang sedang ramai digemari, seperti makanan khas Italia, Jepang, dan Korea. Jika bisa disajikan dengan resep dan sentuhan baru, maka singkong sangat bisa memikat lidah anak-anak muda. 

Berikut ini beberapa inovasi produk olahan singkong yang bisa jadi referensi Anda untuk berjualan:

Skotel Singkong

Mungkin Anda masih asing dengan kuliner skotel singkong. Skotel merupakan hidangan khas Belanda yang terbuat dari bahan kentang atau makaroni. Singkong pun bisa dijadikan sebagai bahan membuat skotel. Perpaduan pangan lokal dengan sajian Eropa ini tentunya bisa menambah kelezatan berbeda dan unik bagi lidah orang Indonesia. 

Cara membuat skotel singkong juga tidak sulit. Anda tinggal memasukkan parutan singkong yang sudah dikupas ke dalam adonan skotel seperti biasa, yang terdiri dari campuran telur, susu cair, sosis, saus tomat, dan bumbu lainnya. Agar rasanya lebih gurih, tambahkan juga dengan parutan keju. Skotel singkong dibuat dengan cara memanggangnya hingga matang. 

Pizza Singkong

Saat mendengar pizza singkong, mungkin Anda masih merasa aneh. Namun siapa sangka jika singkong bisa disajikan dengan olahan kuliner Eropa. Anda bisa memodifikasi pizza dengan menggunakan bahan singkong. Pangan umbi-umbian ini bisa Anda jadikan pengganti roti atau adonan dasar pizza. 

Cara membuat pizza singkong tidak berbeda jauh dengan penyajian pizza pada umumnya. Anda perlu menambahkan topping ala pizza, seperti sosis, daging giling, keju, saus tomat, dan paprika. Cara memasaknya pun dengan memanggangnya hingga matang kemudian bisa disajikan untuk makanan ramai-ramai. 

Brownies Singkong

Inovasi produk olahan singkong selanjutnya adalah brownies singkong. Kuliner menarik ini cocok bagi Anda penyuka cokelat. Brownies yang terbuat dari singkong pun menawarkan rasa manis yang autentik dan cita rasa lezat yang berbeda di lidah. Bahkan rasa singkong yang tersamarkan seringkali membuat penikmatnya tidak sadar bahwa brownies tersebut berbahan singkong. 

Brownies singkong bisa dibuat dengan cara mudah. Anda tinggal menambahkan singkong rebus yang sudah dihaluskan ke dalam olahan brownies yang dibuat. Untuk menambahkan variasi rasanya, Anda bisa menambahkan keju atau kacang almond supaya lebih nikmat. 

Keripik Singkong Telur Asin

Selama ini keripik singkong menjadi cemilan favorit yang banyak dijual di pasaran. Tapi jika Anda bosan dengan cemilan tersebut, ada resep baru mengolah cemilan singkong. Anda bisa membuat keripik singkong rasa telur asin supaya mendapatkan santapan dengan cita rasa menarik dan berbeda dari biasanya. 

Sajian cemilan singkong dengan perpaduan rasa asin telur dijamin bakal bikin penasaran dan nagih di lidah banyak orang. Balutan rasa kuning telur asin yang khas akan menggoda lidah penikmatnya. Camilan crunchy ini bakal menjadi menu favorit baru untuk menemani waktu luang maupun berkumpul bersama orang-orang terdekat. 

Demikian rekomendasi beberapa inovasi produk olahan singkong yang bisa menjadi ide bisnis bagi Anda. Sajian kuliner modern di atas terdorong besar menggeser eksistensi makanan-makanan ala luar negeri yang sedang ramai di Indonesia. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.