Sedang Diet? Ini Pilihan Keju Sehat untuk Dikonsumsi
Ilustrasi Keju (Aliona Gumeniuk/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Ada banyak sekali jenis keju, dengan berbagai kandungan nutrisi serta profil rasa. Yang manakah yang cocok untuk kebutuhan kesehatan dan diet Anda? Berikut ulasannya!

Keju dengan kandungan garam rendah

Garam (dan karena itu natrium) memiliki peran penting dalam pembuatan keju, karena elemen ini mengontrol kelembapan, tekstur, rasa, serta fungsionalitas. Jadi, walaupun garam tidak dapat sepenuhnya dihilangkan, beberapa keju membutuhkan lebih sedikit daripada yang lain.

Pada umumnya, keju yang lebih lembut dan muda biasanya membutuhkan lebih sedikit garam daripada keju yang lebih keras dan lebih berumur. Keju yang kandungan garamnya lebih sedikit diantaranya Swiss, Monterey Jack, ricotta, atau Parmesan.

Keju rendah lemak

Keju parmesan dan part-skim parmesan cenderung lebih rendah lemak daripada yang lain, juga cottage cheese, ricotta, dan cheddar.

Keju yang tinggi kalsium dan protein

Untuk meningkatkan konsumsi kalsium dan protein anda melalui produk dairy, cobalah mengkonsumsi keju Swiss, cheddar, gouda, ricotta, mozzarella, atau Colby.

Keju yang aman bagi yang memiliki intoleransi laktosa

Keju alami seperti cheddar, Colby, Monterey Jack, mozzarella, dan Swiss mengandung sedikit laktosa, karena sebagian besar laktosa dihilangkan saat dadih dipisahkan dari whey dalam proses pembuatan keju.