Termasuk Pecel dan Gado-Gado! Ini 10 Jenis Salad yang Cocok untuk Menu Diet
Ilustrasi jenis salad yang cocok untuk menu diet (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Sebab ada banyak sekali variasi makanan yang mayoritas berbahan sayuran mentah, atau disebut salad, Anda penting mengetahui jenisnya.

Jenis salad dikategorikan menjadi tiga, yaitu tossed, composed, dan bound. Untuk jenis pertama, tossed, dibuat dengan cara melemparkan bahan-bahan dan biasanya dressing dibuat dari bervariasi bahan lalu dicampurkan secara merata. Untuk jenis composed, salad tersusun dengan baik dan dressing disusun berhati-hati dengan mempertimbangkan komposisi tertentu. Terakhir, jenis salad bound, menggunakan dressing kental seperti mayones atau saus kental. Untuk jenis terakhir ini, tidak harus berbahan sayuran. Lebih lengkapnya, ikuti penjelasan berikut ini.

1. Caesar salad

Caesar salad berisi selada Romaine, crouton, dan parmesan disajikan dengan dressing berbahan jus lemon, minyak zaitun, mustard Dijon, saus Worcestershire, garam, dan merica. Salad ini dibuat sejak 1920 oleh pemilik restoran Italia, Caesar Cardini.

jenis salad yang cocok untuk menu diet
Ilustrasi jenis salad yang cocok untuk menu diet (Freepik/timolina)

2. Salad daun hijau

Disebut juga ‘salad hijau’ adalah istilah umum merujuk pada salad apapun asalkan dibuat dari sayuran hijau, seperti selada, arugula, dan bayam. Banyak pula variasi lainnya, terkadang dicampurkan dengan buah stroberi untuk memperkaya cita rasa.

3. Greek salad

Salad Yunani, atau Greek salad, terdiri dari tomat, mentimun, zaitun, feta, dan bawang bombay. Dressing lebih ringan campuran dari minyak zaitun, garam, merica, dan oregano. Salad Yunani dapat disajikan dengan atau tanpa selada. Jika tidak ada selada, kadang disebut "horiatiki".

4. Fattoush

Fattoush adalah salad Levantine yang terdiri dari campuran sayuran dan khubz panggang atau goreng, atau roti pipih. Melansir AllRecipes, Selasa, 24 Oktober, seringkali makanan ini berbahan sayuran seperti tomat dan bawang bombay serta bumbu dan rempah-rempah salah satunya sumac, bumbu Timur Tengah dengan rasa asam.

jenis salad yang cocok untuk menu diet
Ilustrasi jenis salad yang cocok untuk menu diet (Freepik/sunvic)

5. Salad Niçoise

Salah satu jenis salad tossed ini, dibuat dari campuran tomat, telur rebus, ikan teri atau tuna, dan buah zaitun Niçoise. Versi modern dari salad Niçoise ditambahkan kentang dan sayuran lainnya yang sedang musim. Hidangan salad dari Prancis ini, berasal dari Nice dengan dressing minyak zaitun.

6. Composed salad

Salad yang tersusun dengan baik ini, bahan-bahannya diberi saus tetapi juga disusun secara hati-hati. Jenis salad composed pertama, disebut cobb salad yang lezat dan biasanya disajikan sebagai hidangan utama, bukan pembuka atau penutup. Isiannya antara lain selada cincang, bacon, ayam panggang, telur rebus, tomat, alpukat, keju Requefort, dan vinaigrette anggur merah. Selada biasanya terdapat di bagian bawah mangkuk atau piring saji dengan bahan lainnya tersusun rapi di atasnya.

Jenis yang kedua, wedge salad, tersusun dari selada dipotong besar atau tetap utuh lalu diberi potongan bacon renyah dan saus keju di atasnya. Jenis ketiga, insalata ceprese, adalah salad klasik Italia yang terbuat dari irisan tomat, irisan mozzarella, daun basil segar, garam, dan minyak zaitun. Warna merah, putih, dan hijau yang terdapat pada salad ini seperti warna bendera Italia. Bahan-bahannya biasanya ditata secara estetis sesuai desain favorit chef.

jenis salad yang cocok untuk menu diet
Ilustrasi jenis salad yang cocok untuk menu diet (Freepik/timolina)

7. Bound salad

Selain dua kategori salad yang disebutkan di atas, yaitu composed dan tossed, ada jenis salad bound. Salad ini bertekstur lebih berat karena memakai dressing lebih pekat. Bahkan, sayuran bukan keharusan bahan salad jenis ini. Misalnya jenis pertama, salad ayam, di mana ayam panggang atau kukus dengan taburan selada disajikan di atas piring bersama irisan tomat dan daun selada. Selain itu, bahan salad ayam umum lainnya adalah anggur, telur rebus, acar, dan bawang bombay. Keunggulan salad ayam adalah Anda bisa berkreasi sesuka Anda.

Salad bound kedua disebut ambrosia dari Amerika. Salad berisi buah-buahan ini terdiri dari buah kalengan maupun segar. Seperti jeruk mandarin, ceri, dan nanas. Kadang juga ditambahkan kelapa parut dan marshmallow. Nah, yang khas dari salad ini, memakai dressing kental seperti mayonnaise, krim keju, atau krim asam.

8. Gado-gado

Gado-gado termasuk kategori salad bound karena memakai saus kacang untuk menyatukan berbagai bahan isian. Biasanya, isiannya terdiri dari aneka sayuran, telur, tempe, dan tahu. Sayurannya tidak mentah, tetapi direbus sebentar kecuali selada. Melansir TasteAtlas, hidangan ini benar-benar mewakili jajanan kaki lima Indonesia dan telah hadir dalam budaya Indonesia sejak abad ke-16.

jenis salad yang cocok untuk menu diet
Ilustrasi jenis salad yang cocok untuk menu diet (Freepik/ikarahma)

9. Pecel

Kalau dilihat sekilas, gado-gado dan pecel sama-sama memakai saus kacang. Tetapi meski berbahan sama, diolah secara berbeda. Pecel merujuk dari saus kacang yang beraroma jeruk dan kencur. Biasanya, salad ini diasosiasikan dengan salad Jawa yang memiliki ciri khas perpaduan rasa manis dan pedas. Umumnya disajikan bersama nasi, ketupat, atau lontong.

10. Som tam

Som tam adalah salad papaya hijau yang terkedal di Thailand. Kadang juga banyak ditemukan di Laos. Salad yang unik ini, berbahan potongan papaya hijau. Isiannya diberi kacang panggang, kacang hijau, tomat, dan saus yang terbuat dari bawang putih, kecap ikan, cabai, udang kering, gula aren, dan air jeruk nipis atau asam jawa.

Itulah sepuluh jenis salad yang cocok untuk menu diet Anda. Perlu diingat, sesuaikan setiap komposisi bahan salad supaya sesuai dengan diet yang Anda jalani.