Bagikan:

TANGERANG - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menggelar simulasi program makan siang gratis untuk siswa SMP Negeri 2 Curug, Tangerang.

Sebagaimana diketahui, program makan siang gratis merupakan program andalan dari pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 02, yaitu Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Program ini akan disimulasikan, walaupun belum ada keputusan resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Airlangga melihat menu makan siang gratis (Foto: Aris Nurjani/VOI)

Adapun dalam rencananya, program makan siang gratis ini ditetapkan sebesar Rp15.000 per anak. Namun, biaya tersebut belum termasuk dengan susu gratis yang juga akan diberikan.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan alasan mengadakan simulasi program makan siang gratis di Tangerang karena mempunyai sekolah dengan tingkat tipologi nasional sehingga cocok menjadi pilot project.

"Bersyukur dan senang adanya simulasi program makan siang pada hari ini. Saya berharap di kabupaten Tangerang ini punya sekolah tiga tipologi nasional, perkotaan, pedesaan dan pesisir, ideal menjadi piloting, percobaan," kata Airlangga, Tangerang, Kamis 29 Februari 2024.

Airlangga menyampaikan simulasi ini merupakan yang pertama diselenggarakan sehingga kita dapat melihat bagaimana mekanisme atau SOP yang dijalankan.

Sementara, Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang dr. Sri Indriyani menyampaikan pihaknya melalui puskesmas akan membuatkan SOP untuk kebutuhan gizi yang diperlukan untuk anak-anak di sekolah.

"Kita melalui puskesmas, sudah ada petugas gizi, ada nutrisionis nanti kita buatkan SOP nanti sekolah juga membantu mengawasi," ucapnya

Adapun daftar menu yang disediakan dalam program makan siang gratis di SMP Negeri 2 Curug Tanggerang sebagai berikut :

Daftar Menu 1

Nasi 1 mangkuk (150 gram), Ayam Goreng tepung 1 potong (150 gram), Perkedel Tahu 2 potong (50 gram), Sayur Capcay 1 mangkok (150 gram) dan Pisang 1 potong (50 gram).

Daftar Menu 2

Nasi 1 mangkuk (150 gram), Semur Telur 1 butir (55 gram), Tempe goreng tepung 1 potong (25 gram), Tumis buncis wortel 1 mangkok (150 gram) dan Pisang 1 potong (50 gram).

Daftar menu 3

(Gado-Gado)

Lontong 1 Potong (150 gram), Tahu Goreng 2 potong (50 gram), Telur Rebus 1 Butir (55 gram), Bumbu Kacang 2 sdm (150 gram), Wortel, Kol, Sawi 1 mangkok (100 gram), dan Pisang 1 potong ( 50 gram).

Daftar Menu 4

(Siomay)

Kentang 1 buah sedang (150 gram), Siomay 3 potong (150 gram), Telur Rebus 1 butir (55 gram), Bumbu Kacang 2 sdm (150 gram), Tahu Kukus 2 potong (50 gram), Kol 2 gulung (100 gram), dan Pisang 1 potong (50 gram).