Bagikan:

JAKARTA - Kabar duka datang dari industri perfilman. Connie Chiume, aktor berdarah Afrika Selatan yang dikenal lewat franchise film Black Panther, meninggal dunia pada Selasa, 6 Agustus kemarin.

Pihak keluarga membagikan kabar duka ini melalui media sosial. Chiume meninggal di Johannesburg Hospital. Mereka tidak menjelaskan alasan meninggalnya sang aktor pada usia 72 tahun tersebut.

“Keluarga Chiume ingin menginformasikan meninggalnya aktor peraih penghargaan internasional, Connie Chiume,” kata pihak keluarga melalui akun Instagram Chiume.

“Connie Chiume meninggal di Garden City Hospital pada 6 Agustus 2024. Keluarga meminta privasi selama masa sulit ini. Keluarga akan menjelaskan informasi detail,” katanya.

Pemerintah Afrika Selatan memberi tribut mereka atas kabar ini. Melalui media sosial, mereka menuliskan, “Belasungkawa kepada keluarga, teman-teman, dan kolega dari aktris legendaris Connie Chiume. Kerja kerasnya akan selalu dikenang.”

Connie Chiume merupakan aktris kelahiran 5 Juni 1952 dan lahir di Welkom, Afrika Selatan. Sebelum menjadi aktris, ia sempat belajar menjadi perawat kemudian guru.

Pada tahun ‘70-an, dia bergabung dengan kelompok musikal yang bertandang ke beberapa tempat untuk menampilkan beberapa panggung seperti Ipi Ntombi dan Porgy and Bess.

Kembali ke Afrika Selatan, ia mulai berakting di sejumlah acara televisi dan film lokal. Namanya mulai populer setelah ia bergabung dengan produksi film Black Panther sebagai salah satu pimpinan Wakanda pada tahun 2018.

Lima tahun kemudian, ia kembali dengan peran yang sama untuk sekuelnya, Black Panther: Wakanda Forever yang sukses menempati box office.

Setelah itu ia sempat membintangi serial Heart of the Hunter dan Soon Comes Night. Ia juga tampil dalam album visual Black is King dari Beyonce.

Connie Chiume meninggalkan tiga anak dan lima cucu di usianya ke-72 tahun.