Bagikan:

JAKARTA - Kabar duka datang dari dunia dubbing. Noriko Ohara, pengisi suara karakter Nobita dalam kartun Doraemon meninggal dunia. Kabar ini dikonfirmasi 81 Produce sebagai agensi yang merilis pernyataan melalui situs resmi mereka/

“Aktor dari perusahaan kami, Noriko Ohara (nama asli Noriko Tobe) meninggal dunia pada 12 Juli 2024 pada usia 88 tahun setelah menjalani perawatan,” kata 81 Produce selaku agensi.

“Pemakaman hanya digelar dengan relasi sesuai dengan harapan keluarga. Kami ingin menyampaikan rasa terima kasih atas kebaikan yang ditunjukkan kepada kami semasa hidupnya dan membagikan kabar kepulangannya,” lanjut mereka.

Noriko Ohara lahir pada 2 Oktober 1935 di Tokyo, Jepang. Ia menghabiskan hidupnya untuk mengisi suara karakter Nobita dalam franchise anime Doraemon sejak thun 1979 ke tahun 2005.

Setelah tahun 2005, perannya diisi oleh Megumi Oohara yang mengisi karakter Nobita dalam beberapa karya Doraemon lainnya, terakhir adalah Doraemon: Stand By Me.

Noriko Ohara juga mengisi suara untuk beberapa judul lain seperti Heidi, Girl of the Alps, Claudia LaSalle, Peter, dan lainnya.

Noriko juga sempat mengisi suara untuk karakter Conan dalam Future Boy Conan dan Doronjo dari Yatterman.

Karya terakhir Noriko Ohara adalah acara Nichijou yang ia isi pada tahun 2011.