Bagikan:

JAKARTA - Nobuyo Oyama, pengisi suara karakter Doraemon diumumkan meninggal dunia pada Jumat, 11 Oktober kemarin. Agensinya membenarkan kabar duka itu kepada publik.

“Kami ingin berterima kasih atas kebaikan yang diberikan kepada mendiang selama masa hidupnya,” kata Actors 7 selaku agensi, mengutip The Japan Times.

Agensi menjelaskan, pemakaman digelar secara tertutup dan hanya dihadiri oleh orang-orang terdekat.

Nobuyo Oyama dikenal dengan mengisi suara karakter Doraemon di manga Doraemon yang tayang pada tahun 1979 hingga 2005. Anime Doraemon yang menjadi besar secara populer mulai dikembangkan dan diterjemahkan ke bahasa lain.

Franchise ini juga berkembang ke film animasi, video gim, album musik, dan serial manga.

Anime-nya menceritakan Doraemon, kucing robot dari era 22 yang tiba di masa kini untuk membantu seorang laki-laki bernama Nobita yang sangat buruk dalam hal apapun.

Oyama lahir di Tokyo. Sebelum mengisi suara Doraemon, Oyama berperan dalam opera boneka bernama Boo Foo Woo yang tayang pada 1960 hingga 1967.

Kabar duka ini juga menjadi dukacita di antara figur publik Jepang. Mereka menyampaikan belasungkawa melalui akun X.

“Nobuyo Oyama… dia adalah seseorang yang mendukung saya sejak awal karier saya. Terima kasih banyak atas kerja keras Anda selama bertahun-tahun. Saya sangat mengapresiasinya,” tulis Kazuhiko Inoue, pengisi suara hit di Jepang.

Oyama meninggal tidak lama setelah Noriko Ohara, pengisi suara Nobita yang meninggal pada Juli lalu.

Nobuyo Oyama meninggal dunia pada usia 90 tahun.