Pengisi Suara Shizuka, Prabawati Sukarta Meninggal Dunia
Prabawati Sukarta, dubber Shizuka dalam Doraemon (Instagram @indonesianvoicetalent)

Bagikan:

JAKARTA - Kabar duka datang dari keluarga kartun Doraemon. Pengisi suara karakter Shizuka pertama, Prabawati Sukarta meninggal dunia. Melalui Instagram @indonesiavoicetalent, kepergian Prabawati diunggah pada Senin, 15 Juni kemarin.

Sang anak, Ady Aiman mengabarkan meninggalnya sang ibu kepada Indonesia Voice Talent. Hal tersebut diungkapkan melalui caption dalam unggahannya pada Jumat, 19 Juni.

Prabawati Sukarta memulai kariernya sebagai penyiar Radio Republik Indonesia (RRI) pada tahun 1980an. Setelah itu ia menjadi pengisi suara (dubber) tokoh Shizuka pada serial Doraemon.

Pengisi suara Shizuka selama ini mengalami empat kali bergantian. Prabawati Sukarta adalah yang pertama kemudian dilanjutkan dengan Nurul Ulfah pada 2006 dan Merysha Chandra pada 2008. Saat ini, Jessy Milianty menjadi pengisi suara Shizuka.

Setelah kabar ini, masyarakat beramai-ramai memberi ucapan belasungkawa serta terima kasih karena pernah menghiasi masa kecil mereka dengan cerita Doraemon dan teman-temannya.

Serial animasi Doraemon hadir di Indonesia sejak tahun 1990-an. Saat itu, salah satu stasiun televisi selalu menayangkan animasi ini pada hari Minggu pagi dan meninggalkan ciri khas dengan suara dubber yang unik dan melekat dalam benak anak-anak.

Begitu juga peran dubber yang memiliki kontribusi dalam penyebaran kartun ini kepada anak-anak. Selamat jalan, Prabawati Sukarta.

Terkait