Bagikan:

JAKARTA - Obat yang diresepkan oleh dokter terkadang ditawarkan untuk membantu seseorang mengatasi kecemasan. Tetapi jika Anda mencari sesuatu yang alami, Anda punya pilihan. Ada beberapa terapi rumahan untuk mengatasi rasa cemas yang bisa dicoba. Mari simak penjelasan selanjutnya di bawah ini.

Olahraga

Aktivitas fisik memiliki banyak manfaat kesehatan. Baik itu berjalan-jalan atau berlari sejauh satu mil, penelitian menunjukkan olahraga membantu mengurangi gejala kecemasan, terutama bila dikombinasikan dengan psikoterapi dan dalam beberapa kasus, dengan pengobatan. Jika tidak menyukai olahraga berat, Anda dapat mencoba yoga. Yang juga telah terbukti mengurangi stres, kecemasan, dan depresi.

Kurangi kafein

Kafein adalah stimulan dan mengonsumsi kafein saat sedang cemas hanya akan membuat Anda merasa lebih gelisah. Selain itu, kafein juga dapat menyebabkan beberapa gejala fisik seperti peningkatan detak jantung dan gemetar yang dapat membuat Anda mengira sedang mengalami serangan panik. 

Penelitian juga menunjukkan bahwa, pada beberapa orang yang hidup dengan gangguan kesehatan mental, kafein dapat meningkatkan gejala kecemasan. Jika terbiasa minum kafein dalam jumlah besar, ada baiknya membatasi asupan ini secara perlahan guna menghindari gejala putus obat yang umum terjadi jika tidak mengonsumsi kafein.

Batasi atau berhenti merokok

Nikotin dan bahan kimia lain dalam asap rokok telah terbukti mengubah jalur di otak Anda yang terkait dengan kecemasan. Sebuah studi tahun 2013 juga menunjukkan bahwa semakin dini Anda mulai merokok, semakin tinggi peluang terkena gangguan kecemasan di kemudian hari.

Lebih banyak tertawa

Humor dan tawa dapat memberi banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental Anda, termasuk mengurangi tingkat stres dan kecemasan. Tertawa dan humor dapat membantu mengurangi kadar hormon stres, termasuk kortisol, dopamin, dan epinefrin. Pada saat yang sama, hal ini dapat meningkatkan produksi endorfin atau hormon kesenangan.

Vitamin D

Ketika Anda tidak mendapatkan cukup vitamin D, kadar serotonin dalam tubuh menurun. Serotonin merupakan hormon penambah suasana hati yang dapat membuat Anda merasa lebih tenang dan fokus. Penelitian menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D dapat dikaitkan dengan gangguan kecemasan dan depresi dikutip dari Psych Central, Rabu, 24 Juli.

Cara terbaik meningkatkan kadar vitamin D adalah dengan menghabiskan waktu di luar ruangan. Anda bisa mendapatkan sinar matahari tengah hari selama 15 hingga 30 menit, setidaknya 4 kali seminggu jika memungkinkan. Ada baiknya menggunakan tabir surya untuk mencegah sengatan matahari. Atau bisa juga dengan mengonsumsi ikan berlemak, jamur, dan makanan kaya vitamin D.

Minum teh

Chamomile dan lavender adalah dua teh yang dikenal karena manfaatnya meredakan kecemasan. Chamomile sering disebut sebagai obat penenang ringan dan pemicu tidur karena mengandung antioksidan yang disebut apigenin. Apigenin diyakini mengikat reseptor di otak Anda, yang dapat mengurangi kecemasan dan membantu Anda tidur. Selama berabad-abad, lavender telah digunakan sebagai obat alami untuk mengurangi kecemasan dan menenangkan saraf.

Periksa kadar magnesium

Magnesium merupakan mineral penting dalam tubuh manusia. Ini berperan dalam lebih dari 300 reaksi enzim dan membantu menjaga fungsi otot dan saraf, tekanan darah, dan sistem kekebalan tubuh. Beberapa penelitian juga menemukan bahwa suplemen magnesium dapat membantu mengurangi gejala kecemasan, termasuk yang berkaitan dengan PMS.

Asam lemak omega-3

Lemak omega-3 berperan penting dalam kesehatan otak secara keseluruhan, namun tubuh Anda tidak memproduksinya sendiri. Sebaliknya, Anda mendapatkan semua asam lemak omega-3 melalui makanan dengan mengonsumsi makanan seperti ikan atau biji rami. Penelitian, termasuk meta-analisis tahun 2018 dan studi review tahun 2018, menemukan bahwa omega-3 dalam bentuk suplemen minyak ikan dapat membantu meredakan kecemasan.

Suplemen L-theanine

L-theanine adalah asam amino yang ditemukan dalam teh hijau atau hitam. Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa ini adalah obat penenang ringan atau anti-kecemasan. Yang dapat membantu menurunkan respons stres dan tingkat kortisol Anda.

Vitamin B kompleks

Vitamin B adalah sekelompok delapan nutrisi berbeda yang bekerja sama di dalam tubuh untuk mengatur proses tubuh, termasuk respons stres. Kebanyakan orang bisa mendapatkan cukup vitamin ini melalui berbagai makanan, namun jika Anda seorang vegetarian atau vegan, Anda mungkin akan lebih sulit mendapatkan vitamin B12 dan B2 (riboflavin).

Sebuah studi tahun 2017 menemukan bahwa orang dengan kadar vitamin B12 dalam darah rendah lebih cenderung mengalami gejala kecemasan atau depresi. Inilah sebabnya mengapa Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menambah vitamin ini.