Bagikan:

YOGYAKARTA - Mengutip dari buku untuk skripsi itu memang boleh-boleh saja, asalkan kalian menggunakan cara mengutip yang baik dan benar. Bagaimana caranya, Yuk simak ulasan berikut!

Pasalnya, kutipan merupakan keterangan yang diambil dari teks acuan. Fungsi dari kutipan adalah untuk memperkuat pendapat atau ide yang dikemukakan dalam karya ilmiah maupun skripsi.

Selain itu, menulis kutipan pada karya ilmiah pula diperlukan buat menghindari plagiarisme. Plagiarisme yaitu memakai perkata ataupun ide seorang penulis seakan-akan tulisan sendiri tanpa menyebutkan sumber.

Metode mengutip dari buku terdiri dari kutipan langsung serta tidak langsung. Tidak hanya buat menguatkan alasan serta menghindari plagiarsime, kutipan pula bisa dijadikan selaku landasan teori, penjelasan sesuatu uraian, ataupun selaku fakta buat mendukung suatu alasan.

Prinsip Mengutip Buku

Sebelum mengenali metode mengutip dari buku, kalian butuh mengenali prinsip dalam mengutip terlebih dahulu. Semacam yang sudah disebutkan sebelumnya, kutipan merupakan pengambilalihan satu kalimat ataupun lebih dari karya tulisan lain buat tujuan ilustrasi ataupun memperkokoh argumen dalam tulisan sendiri.

Dalam menuliskannya kalian wajib mencermati beberapa perihal, semacam memikirkan apakah kutipan tersebut memanglah dibutuhkan ataupun tidak dalam karya ilmiah, beratanggung jawab sepenuhnya terhadap ketepatan kutipan, memikirkan tipe kutipan yang digunakan, dan tidak terlalu banyak memakai kutipan langsung.

(Gambar  Nick Morrison-Unsplash)
(Gambar Nick Morrison-Unsplash)

Cara Mengutip Dari Buku Untuk Skripsi

Cara mengutip buku yang pertama dapat dicoba dengan kutipan langsung. Kutipan langsung ialah salah satu tipe kutipan yang ditulis sama persis dengan sumber aslinya, baik ejaan ataupun bahasanya.

Melansir dari beberapa sumber, metode mengutip dari buku dengan kutipan langsung ini bisa dipecah jadi beberapa tipe, di antaranya tipe kutipan langsung kurang dari 4 baris serta kutipan langsung lebih dari 4 baris.

Bila metode mengutip dari buku dengan kutipan langsung kurang dari 4 baris, maka referensi ditulis di antara tanda kurung, dimulai dengan nama akhir semacam yang dalam daftar pustaka, tanda koma, tahun terbitan, titik 2 spasi, serta diakhiri dengan nomor halaman. Ada pula contohnya selaku berikut:

"Hormon leptin ialah hormon yang mengontrol nafsu makan akan menurun sehingga membuat nafsu makan bertambah. "(Haryono, 2003:78)

Sebaliknya metode menulis kutipan langsung lebih dari 4 baris, maka penyusunan dipisahkan dengan jarak 3 spasi dari teks, jarak antar baris kutipan yakni 1 spasi, kutipan boleh diapit dengan tanda kutip/petik 2 ("..."), setelah itu diberi penjelasan sumber.

Kutipan ialah bagian dari pernyataan, komentar, buah pikiran, definisi, rumusan ataupun riset dari penulis lain, ataupun penulis sendiri yang sudah (menurut penulis kata telah harus dihilangkan) terdokumentasi, dan dikutip buat dibahas serta ditelaah berkaitan dengan materi penulisan (Azahari, 2005:38).

I. Cara Mengutip dari Buku dengan Kutipan Tidak Langsung

Metode mengutip dari buku berikutnya dapat dicoba dengan metode tidak langsung. Kutipan tidak langsung yakni kutipan yang tidak sama persis dengan tulisan aslinya. Biasanya, pengutip cuma mengambil pokok pikiran dari sumber yang dikutip, setelah itu menulisnya kembali memakai bahasa sendiri.

Metode mengutip dari buku memakai kutipan tidak langsung ialah kutipan diintegrasikan dengan teks, jarak antar baris kutipan yaitu spasi ganda, kutipan tidak diapit dengan tanda kutip/petik 2 ("..."), setelah itu ditulis sumber kutipan. Ada pula contohnya selaku berikut:

Michelle Doe (2016:27) berpendapat kalau kecerdasan buatan ialah suatu sistem yang di dalamnya ada entitas ilmiah yang berperan buat memproses informasi eksternal secara cepat serta akurat.

II. Cara Mengutip dari Buku Memakai Gaya MLA

Modern Language Association (MLA) ialah gaya mengutip yang dirancang simpel buat memudahkan penulis dalam mengutip dari buku. Umumnya dalam penyusunan gaya ini nama penulis ditulis lengkap dengan nama belakang ditulis di bagian depan.

Ada pula ciri-ciri dalam menulis kutipan dengan gaya MLA yaitu selaku berikut:

  1. Meletakkan tahun terbit di akhir.
  2. Kutipan pada halaman cukup menuliskan kata akhir serta no halaman kutipan.
  3. Bila mengutip sumber online wajib menunjukkan tanggal, bulan, serta tahun diakses.

Selain penjelasan diatas, kalian juga perlu tahu “9 Tips Agar Skripsi Cepat Selesai”.

Jadi setelah mengetahui cara mengutip dari buku untuk skripsi, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!