9 Tips Agar Skripsi Cepat Selesai, Mulai Praktikkan dari Sekarang
Ilustrasi mengerjakan skripsi (Foto: Pixabay Jeshoots-com)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tips agar skripsi cepat selesai perlu diperhatikan agar Anda bisa menyelesaikan studi tepat waktu.

Normalnya, skripsi dapat diselesaikan dalam waktu 6 bulan (satu semester) atau bahkan lebih cepat dari itu. Akan tetapi, realitanya banyak mahasiswa yang menghabiskan waktu lebih lama untuk menyelesaikan skripsi.

Beberapa faktor yang membuat skripsi lama selesai yakni kurangnya persiapan dan perencanaan, kehilangan motivasi, masalah dalam menemukan referensi, dan masalah dalam pengolahan data.

Agar Anda bisa lebih cepat menyelesaikan skripsi, perhatikan tips-tipsnya berikut ini.

Tips Agar Skripsi Cepat Selesai

1. Buat perencanaan yang baik

Tips yang pertama, buatlah perencanaan yang terperinci dan terstruktur di tahap awal pengerjaan skripsi. Tentukan apa saja yang perlu Anda lakukan, tetapkan deadline, dan susun jadwal realistis yang memudahkan Anda menyelesaikan setiap tahap.

Dengan membuat perencanaan yang terperinci dan terstruktur, Anda akan lebih fokus mengerjakan skripsi serta dapat menghindari penundaan.

2. Buat tujuan harian

Berikutnya, buat tujuan harian yang realisis. Misalnya, merampungkan bagian tertentu, menulis sejumlah halaman, atau melakukan riset pada topik tertentu. Dengan menetapkan tujuan harian, Anda bisa fokus dalam proses pengerjaan skripsi.

3. Manfaatkan waktu dengan baik

Memanfaatkan wajtu dengan baik dan efisien termasuk ke dalam tips agar skripsi cepat selesai.

Terkait hal ini, buatlah jadwal harian yang mengalokasikan waktu khusus untuk mengerjakan skripsi.

Pastikan Anda terhindar dari hal-hal yang bisa menyebabkan distraksi, seperti media sosial dan aktivitas lain yang tidak produktif.

4. Manfaatkan semua sumber daya

Tips berikutnya, memanfaatkan semua sumber daya yang tersedia agar proses penilitian berjalan lancar dan efisien.

Manfaatkan database akademik, jurnal ilmiah, dan sumber daya lain yang sesuai dengan topik penelitian Anda. Susun daftar sumber yang Anda butuhkan untuk membantu Anda menggali informasi.

5. Lakukan riset dengan teliti

Setelah menggali yang sesuai dengan topik penelitian, langkah berikutnya adalah melakukan riset dengan teliti. Identifikasi kembali sumber-sumber yang relevan dan buat cacatan penting.

Dengan melakukan riset yang baik, maka Anda akan memiliki landasan yang kuat untuk penulisan skripsi.

6. Bikin rangkuman dan outline

Setelah melakukan penelitian atau riset, buat rangkuman dan outline untuk skripsi Anda. Langkah ini akan membantu Anda dalam menyusun struktur yang jelas dan logis, sehingga memudahkan proses penulisan.

7. Disiplin dan konsisten

Jadikan proses penulisan skripsi sebagai prioritas utama. Luangkan waktu khusus untuk mengerjakan skripsi setiap hari. Menunda pekerjaan hanya akan membuat Anda semakin malas untuk melanjutkan.

8. Jalin komunikasi yang baik dengan dosen pembimbing

Ketika mengerjakan skripsi, jangan lupa untuk menjalin komunikasi yang baik dengan dosen pembimbing. Diskusikan kemajuan Anda, minta saran dan masukan, serta ajukan pertanyaan jika ada hal yang kurang jelas.

Dengan membangun komunikasi yang baik degan dosen pembimbing, ini akan mengindarkan Anda dari kesalahan dan menjaga kualitas skripsi.

9. Fokus memperbaiki bagian yang perlu direvisi

Bila ada revisi dari dosen pembimbing skripsi, segera perbaiki bagian tersebut. Periksa kembali struktur, gaya penulisan, dan bahasa.  Perhatikan juga kesalahan tata bahasa, ejaan, dan referensi.

Selain itu, Fokuskan revisi pada bagian yang menjadi catatan dosen pembimbing. Skripsi yang baik adalah skripsi yang memenuhi persyaratan akademik dan menyajikan argument secara jelas. 

Demikian informasi tentang tips agar skripsi cepat selesai. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.