Utamakan yang Prioritas, Begini Tips Mengelola Pengeluaran saat Lebaran
Ilustrasi tips mengelola pengeluaran saat lebaran (Unsplash/Sasun Bughdaryan)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Pengeluaran bisa dikelola dengan tepat apabila mengenali mana yang prioritas dan tidak. Tetapi seringkali saat lebaran semua hal seolah layak dijadikan prioritas. Ini bisa bikin boros apabila tidak diidentifikasi secara cermat.

Supaya tabungan enggak berkurang karena pengeluaran bertambah, berikut tips mengelola uang saat lebaran yang bisa Anda praktikkan.

1. Buat daftar kebutuhan

Membuat daftar kebutuhan adalah langkah pertama sebelum mengeliminasi pengeluaran yang bukan prioritas. Mulai dari pengeluaran kebutuhan sehari-hari, zakat, uang sosial, hingga kebutuhan jajan atau serba-serbi berkaitan dengan relasi sosial.

2. Eliminir yang bukan prioritas

Tentu Anda tak perlu memberikan hadiah atau mentraktir banyak orang jika keluarga dekat saja sudah cukup. Untuk itu, coret daftar pengeluaran yang enggak terlalu penting. Baiknya, pilih secara bijak dan tidak berlebihan supaya Anda tetap dapat menabung meskipun momen lebaran.

3. Belanja sesuai kebutuhan

Terkadang, apa yang dibutuhkan lebih sedikit daripada hal-hal yang diinginkan. Oleh karena itu, berbelanja dengan membawa catatan terperinci akan membuat Anda lebih cermat mengelola uang. Selain itu, beri batasan budget ketika berbelanja sehingga enggak terlalu banyak membeli hal-hal di luar kebutuhan.

4. Batasi menggunakan kartu kredit

Seringkali, kartu kredit membantu Anda ketika berbelanja. Karena penawaran diskon atau potongan harga lebih banyak. Tetapi, biasakan untuk tetap menghitung tagihan sebagai pengeluaran bulanan. Termasuk saat lebaran, Anda tetap harus memperhitungkannya sebagai pengeluaran untuk kebutuhan.

5. Minimalisir makan di restoran

Untuk tujuan tertentu, Anda dan keluarga bisa sesekali makan di restoran. Tetapi untuk memperketat pengeluaran saat lebaran, cobalah meminimalisir makan di restoran. Pasalnya, makan di restoran akan lebih mahal dibandingkan memasak sendiri di rumah. Apalagi jika harus makan bersama keluarga besar.

Anda bisa merencanakan menu untuk para tamu yang datang ke rumah, dan mempersiapkannya sebelum kedatangan. Bahkan, menu yang sederhana bisa Anda siapkan dengan bahan-bahan musiman sehingga lebih murah dan mudah untuk diolah.

6. Evaluasi setiap pengeluaran

Mengevaluasi tujuannya untuk perbaikan dan pengelolaan secara cermat. Jika dalam sehari pada hari lebaran Anda terlalu boros, maka perlu evaluasi agar keesokan harinya tak terulang dan pengeluaran tetap on the track.

Nah, itulah tips untuk berhemat saat lebaran yang bisa Anda praktikkan.