Bagikan:

YOGYAKARTA - Lemon masuk dalam golongan buah citrus yang digemari banyak orang di dunia ini. Rasanya asam, warnanya kuning terang, dan bentuknya lonjong yang berdiameter sekitar 5 sampai 7 cm dengan tonjolan di ujung. Nah, tahukah kalian bagaimana cara mengetahui lemon sudah matang? Yuk kita bahas!

Pasalnya, buah lemon mengandung berbagai nutrisi bagi kesehatan tubuh dan kulit. Angka yang tertera di bawah ini merupakan nutrisi yang terdapat di dalam ½ cangkir atau sekitar 100 gram lemon mentah kupas:

  • Gula: 2.5 gram.
  • Serat: 2.8 gram.
  • Lemak: 0.3 gram
  • Kalori: 29 kilokalori.
  • Air: 89 persen.
  • Protein: 1.1 gram.
  • Karbohidrat: 9.3 gram.

Selain itu, buah lemon juga memiliki banyak kandungan nutrisi penting lainnya, seperti:

I. Asam Sitrat

Berfungsi selaku astringent natural, sebab bisa memperkecil pori-pori serta mengontrol penciptaan minyak.

II. Magnesium

Efisien buat menghaluskan kulit, melambatkan penuaan, serta melindungi sel kulit dari radikal bebas.

III. Kalium

Berfungsi buat memicu sistem saraf pusat, melawan radikal bebas, meningkatkan pembentukan sel darah, dan mengendalikan tekanan darah.

IV. Senyawa Tumbuhan

Semacam hesperidin, eriocitrin, serta D-limonene dalam lemon mempunyai khasiat mencegah kanker, penyakit jantung, serta peradangan. Tidak hanya itu juga meredakan permasalahan lambung seperti mulas serta refluks.

V. Serat

Kandungan serat larut semacam pektin dalam lemon bisa menolong menurunkan kandungan gula darah. Sebab bisa memperlambat pencernaan gula serta pati.

VI. Vitamin

Contohnya semacam vitamin C serta vitamin B6 meningkatkan imunitas badan, melindungi kesehatan jantung, serta mengganti makanan jadi energi.

Lemon (Florencia Potter-Unsplash)
Lemon (Florencia Potter-Unsplash)

Cara Mengetahui Lemon Sudah Matang

I. Cek Tekstur

Lemon dengan kulit halus merupakan tanda kunci kematangan. Bila Kalian melihat ada tonjolan serta lekukan pada lemon, hendaknya masukkan kembali lemon tersebut sebab mungkin besar lemon tersebut belum matang serta tidak memiliki banyak sari buahnya.

II. Tidak Terlalu Keras

Kekencangan penting saat mencari lemon matang, tetapi lemon tidak boleh terlalu keras. Lemon yang berat dengan bagian luar yang tipis tetapi keras umumnya paling berair serta beraroma.

Sehabis Kalian dapat mengetahui karakteristik lemon sudah matang, pastikan buat menaruh lemon dengan benar juga. Lemon dapat bertahan selama seminggu ataupun lebih bila dimasukkan ke dalam wadah penyimpanan makanan kedap udara serta ditempatkan di laci lemari es Kalian. Dan walaupun Kalian bisa memotong lemon terlebih dahulu supaya gampang ditaruh, lemon Kalian bakal senantiasa segar lebih lama bila Kalian memotongnya pas sebelum Kalian berencana memakainya.

III. Amati Ukuran

Bila Kalian memilah-milah tumpukan lemon di toko kelontong, Kalian mungkin mau mengambil yang terbesar sebab berpikiran mempunyai banyak sari buah. Tetapi realitasnya, lemon umumnya dipetik pada saat panjangnya sekitar 2-3 inci ataupun 5-7,5 centimeter sebab itu merupakan salah satu penanda terbaik kalau lemon telah matang sempurna.

IV. Periksa Warna

Sempatkah Kalian menunggu lemon berwarna kuning kehijauan sebelum digunakan? Secara teknis, Kalian tidak perlu melakukannya! Lemon tumbuh serta matang di pohon, dan dipetik saat rupanya berganti jadi kuning kehijauan.

Tentu saja, warna kuning terang merupakan cara terbaik buat mengenali apakah lemon telah matang, namun bila terdapat sedikit warna hijau, itu pula tidak masalah.

Olahan Lemon untuk Obat Batuk

Lemon bisa menjadi obat alternatif untuk mengatasi batuk dan pilek. Tak sekadar itu, buah ini juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh, mulai dari melawan bakteri, meningkatkan imun, mendukung fungsi ginjal, dan lainnya. Untuk lebih lengkapnya baca: “Resep Olahan Lemon untuk Obat Batuk”.

Jadi setelah mengetahui cara mengetahui lemon sudah matang, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!