Bagikan:

YOGYAKARTA - Belakangan ini netizen Indonesia dihebohkan tentang Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera). Nah kali ini kita bakal membahas tentang apa itu KBR Tapera, simak sampai selesai, ya!

Pasalnya, Kredit Bangun Rumah (KBR) adalah salah satu produk Pembiayaan Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) yang bisa dimanfaatkan peserta.

Tapi, sebelum peserta Tapera memanfaatkan produk itu, baiknya tahu tentang pebahasan KBR Tapera. Kenapa? Supaya peserta Tapera bisa melakukan persiapan, baik itu dari segi finansial, pengetahuan, dan syarat-syaratnya yang diperlukan.

Dilansir dari situs resmi Badan Pengelolaan Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera), ini dia pembahasan terkait KBR Tapera.

Apa Itu KBR Tapera?

KBR ialah produk pembiayaan pembangunan rumah pertama di atas tanah kepunyaan sendiri ataupun pasangan peserta Tapera. Maksudnya, untuk peserta Tapera yang memerlukan pembiayaan buat pembangunan rumah dari awal dapat menggunakan produk KBR Tapera.

I. Sasaran

Tidak semua peserta Tapera bisa mengajukan serta menggunakan KBR. Karena, produk pembiayaan ini dikhususkan untuk peserta Tapera yang masuk dalam kategori masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). MBR ialah masyarakat yang mempunyai pemasukan kurang dari Rp 8 juta (wilayah selain Papua serta Papua Barat), ataupun kurang dari Rp 10 juta (khusus Papua dan Papua Barat).

Tidak hanya itu, KBR cuma diperuntukkan untuk peserta Tapera yang belum mempunyai rumah, namun sudah mempunyai lahan atas nama milik sendiri ataupun pasangan.

II. Fitur

BP Tapera menawarkan KBR dengan suku bunga 5 persen, cicilan senantiasa hingga lunas, tenor maksimal 20 tahun, serta limit kredit maksimal Rp 132 juta (wilayah selain Papua dan Papua Barat) ataupun Rp 171 juta (khusus Papua dan Papua Barat). Tetapi, plafon ataupun limit kredit yang bakal diberikan BP Tapera disesuaikan dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB) serta kelompok penghasilan.

III. Bank Penyalur

Bank penyalur program pembiayaan perumahan Tapera, baik itu KPR Tapera, KRR Tapera, ataupun KBR Tapera meliputi:

  1. Bank BTN
  2. Bank BRI
  3. Bank BNI
  4. Bank BJB
  5. Bank Sumut Syariah
  6. Bank Nagari
  7. Bank Kaltimtara.
Ilustrasi Rumah (Gambar Tierra Mallorca-Unsplash)
Ilustrasi Rumah (Gambar Tierra Mallorca-Unsplash)

IV. Persyaratan

Ada pula ketentuan untuk peserta Tapera buat dapat menggunakan KBR yaitu:

  • Termasuk kategori MBR Masa kepesertaan Tapera minimal 12 bulan
  • Pemohon KBR belum mempunyai rumah;
  • KBR buat rumah pertama di atas tanah kepunyaan sendiri/ pasangan;

Di samping itu, BP Tapera pula mempunyai kriteria ukuran prioritas untuk peserta yang hendak menggunakan pembiayaan perumahan Tapera:

  • Lama masa kepesertaan;
  • Kelancaran membayar simpanan;
  • Kemendesakan kepemilikan rumah (jumlah anggota keluarga, penghasilan terendah, lama menunggu pembiayaan, serta umur);
  • Ketersediaan dana.

Setelah itu dokumen persyaratan yang butuh dipersiapkan buat pengajuan KBR Tapera meliputi:

  • Surat pernyataan belum memiliki rumah
  • Fotokopi bukti atas hak yang sah
  • Fotokopi IMB
  • Kondisi awal tanah dilengkapi dengan foto
  • RAB serta denah/gambar rencana pembangunan rumah.

V. Langkah-langkah pengajuan KBR

Sebelum peserta Tapera dapat mengajukan KBR pemberi kerja perlu melaksanakan penginian data peserta lewat portal kepesertaan yang dapat diakses di https://sitara. tapera.go.id.

Penginian data tersebut mencakup data-data semacam informasi penghasilan serta tunjangan dan informasi kepegawaian. Melalui portal yang sama, peserta Tapera pula harus memenuhi data pribadi. Tidak hanya itu, peserta Tapera pula wajib memastikan kalau dirinya memenuhi persyaratan dari peserta yang dapat menerima manfaat program Pembiayaan Tapera.

Langkah berikutnya, peserta Tapera mempersiapkan RAB serta dokumen lainnya buat pengajuan KBR.

Setelah itu, peserta Tapera datang ke salah satu bank penyalur. Nantinya bank penyalur bakal mengecek kesesuaian serta kelengkapan dokumen persyaratan. Kemudian, berkas permohonan bakal dilakukan oleh bank penyalur, mulai dari pengecekan SILK ataupun BI Checking, verifikasi data, sampai analisis kelaikan RPC.

Apabila berkas permohonan pengajuan KBR disetujui oleh bank penyalur, peserta bakal dihubungi oleh bank penyalur serta setelah itu melakukan akad kredit.

Selain itu baca juga: “Iuran Tapera Bisa Turunkan Daya Beli Masyarakat”.

Jadi setelah mengetahui apa itu KBR Tapera, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!