Bagikan:

YOGYAKARTA - Bungan telang dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat teh. Teh bunga telang termasuk salah satu minuman herbal yang disukai oleh banyak orang. Selain rasanya yang otentik dan menyegarkan, minuman ini juga memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan. 

Teh bunga telang memiliki khasiat tersendiri karena di dalamnya terkandung antioksidan, seperti antosianin dan flavonoid. Kandungan dua zat ini berperan memperbaiki sel-sel tubuh, termasuk sel saraf. Senyawa tersebut juga bisa membantu dalam melawan sejumlah penyakit. 

Itulah mengapa teh bunga telang sangat direkomendasikan untuk diminum oleh sebagian orang. Namun di samping khasiatnya yang beragam, ada juga sekelompok orang yang tidak disarankan minum teh bunga telang. 

Kelompok Orang yang Disarankan Minum Teh Bunga Telang

Bunga telang menyimpang kandungan yang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Dalam sebuah bunga telah terkandung antioksidan, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, hingga ternatin. Anda bisa mendapatkan manfaat dari bunga telang dengan cara menyeduhkan dalam bentuk teh. 

Teh bunga telang bisa dibuat dan diminum secara langsung tanpa tambahan campuran bahan lainnya. Namun ada juga orang yang menyeduh teh bunga telng dengan campuran air lemon, batang serai, hingga jeruk nipis untuk menambahkan sensasi rasa lebih segar. 

Minuman teh bunga telang sangat disarankan untuk diminum oleh kelompok orang sebagai berikut:

Orang yang Sedang Demam

Salah satu manfaat kesehatan dari bunga telang adalah mampu menurunkan demam dan mengurangi rasa nyeri akibat peradangan dalam tubuh. Hal ini disebabkan oleh sifat antiradang yang dimiliki bunga telang. Selain itu, konsumsi teh bunga telang setiap hari juga dapat membantu menjaga hidrasi tubuh selama demam.

Orang dengan Gejala Alergi

Manfaat lain dari bunga telang adalah meredakan gejala alergi. Saat gejala alergi muncul, salah satu cara alami untuk mengatasinya adalah dengan minum teh bunga telang. Bunga ini diketahui dapat mengurangi produksi histamin, yaitu zat yang dihasilkan oleh sel darah putih saat tubuh mengalami reaksi alergi atau infeksi.

Orang yang Mengalami Masalah Pencernaan

Bunga telang juga memiliki khasiat lainnya bagi kesehatan yakni menjaga sistem pencernaan. Adanya senyawa antioksidan dalam bunga telang dapat membantu melancarkan pencernaan. Selain itu, bunga telang memiliki sifat antiradang dan antibakteri yang dapat membantu meredakan gejala diare. 

Orang yang Sedang Diet

Bunga telang juga bermanfaat untuk metabolisme tubuh, sehingga cocok untuk dikonsumsi oleh mereka yang sedang menjalani diet. Teh bunga telang dapat dijadikan sebagai pilihan minuman bagi orang-orang yang sedang diet. 

Membantu Melawan Penyakit Tertentu

Senyawa antioksidan jenis antosinan yang terdapat pada bunga telang dapat membantu melawan penyakit seperti diabetes, jantung, dan kanker tertentu. Selain itu, bunga ini juga bisa membantu dalam menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan otak. 

Orang dengan Masalah Pernapasan

Manfaat kesehatan lain dari bunga telang adalah mengatasi masalah atau gangguan pernapasan. Penelitian berjudul "Antiasthmatic effect of roots of Clitorea ternatea Linn" menunjukkan bahwa teh bunga telang dapat membantu mengatasi masalah pernapasan seperti asma dan bronkitis. Adanya sifat ekspektoran pada bunga telang dapat meredakan iritasi di saluran pernapasan.

Kelompok Orang yang Tidak Disarankan Mengonsumsi Bunga Telang

Di balik beragam manfaatnya bagi kesehatan, teh bunga telang juga memiliki efek samping yang perlu diperhatikan. Sebenarnya teh bunga telang cukup aman dikonsumsi, namun tidak boleh secara berlebihan untuk menghindari efek samping yang bisa ditimbulkan. 

Berikut ini sekolompok orang yang tidak dianjurkan untuk mengonsumsi teh bunga telang:

  • Ibu hamil
  • Anak-anak
  • Perempuan yang sedang haid
  • Penderita tekanan darah rendah
  • pasien operasi
  • Penderita alergi nabati
  • Ibu menyusui
  • Orang yang sedang menjalani pengobatan

Demikianlah kelompok orang yang disarankan minum teh bunga telang untuk mendapatkan manfaatnya bagi kesehatan. Teh bunga telang memiliki beragam khasiat bagi kesehatan, namun konsumsinya tidak boleh secara berlebihan. Baca juga manfaat teh bunga telang untuk kesehatan mental dan raga

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.