Punya Rupa Menawan, Ternyata Bunga Telang Simpan Banyak Manfaat Kesehatan
Ilustrasi (Tri Nguyen/istockphoto)

Bagikan:

JAKARTA - Berwarna biru khas, indah, dan menarik. Begitulah penampilan bunga yang satu ini. Sekilas yang terlihat mungkin bunga ini hanyalah tanaman hias biasa, namun siapa sangka bahwa ternyata bunga uang memiliki nama ilmiah Clitoria Ternatea ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Untuk memperoleh manfaat bunga telang secara optimal, Anda dapat mengolah bunga telang dan menyeduhnya seperti teh. Teh dari bunga telang ini biasa disebut blue tea. Berikut beberapa manfaat teh bunga telang yang baik untuk kesehatan.

Mengandung Antioksidan

Para ilmuwan dari penelitian International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, menyimpulkan bahwa sumber antioksidan pada bunga telang dihasilkan oleh ekstrak metanol di dalamnya. Kandungan antioksidan yang tinggi ini juga dapat membantu melancarkan pencernaan Anda.

Menangkan Suasana Hati

Kandungan asam palmitat yang ada dalam bunga telang dapat menjadi antidepresan alami dan memiliki efek penghilang stress, gejala kecemasan serta depresi.

Menyembuhkan Luka

Ekstrak biji bunga telang mengandung flavonoid glikosida yang dapat mempercepat proses penyembuhan luka.

Meringankan Diabetes

Diuji dalam “Journal of Applied Pharmaceutical Science” yang menunjukkan hasil bahwa aktivitas anti-diabetes karena secara signifikan menurunkan kadar glukosa serum.

Menyehatkan Jantung

Teh bunga telang yang kaya akan antioksidan dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung serta menurunkan kadar kolesterol tinggi yang menjadi faktor risiko utama penyakit jantung.