Hobi Berkebun, Intip 10 Koleksi Tanaman Nadine Chandrawinata
Potret Nadine Chandrawinata dan koleksi tanamannya (Instagram/@nadinelist)

Bagikan:

JAKARTA – Nadine Chandrawinata dikenal sebagai Puteri Indonesia 2005 dan setahun setelahnya mewakili Indonesia pada ajang Miss Universe 2006. Disamping itu, wanita yang lahir di Hannover, 8 Mei 1984, 38 tahun yang lalu juga memiliki hobi diving.

Tetapi sejak pandemi, hobi yang ia habiskan bersama Dimas Anggara, suaminya, adalah berkebun di rumah. Berbagai jenis tanaman ia rawat, tertarik intip koleksi tanaman dan kegiatannya ketika berkebun? Berikut 10 potret yang kami rangkum.

1. Lewat akun Instagram @nadinelist yang sudah terverifikasi milik Nadine Chandrawinata, ia membagikan aktivitasnya. Termasuk dengan tagar tamanND untuk unggahan potret yang berkaitan dengan aktivitas Nadine berkebun.

potret nadine chandrawinata
Potret Nadine Chandrawinata (Instagram/@nadinelist)

 

Potret pertama, Nadine membagikan foto di samping tanaman telang. Tangan kedua memamerkan hasil panen bunga telang dan kreasi olahan minuman dingin dari bunga telang. Katanya, tanaman dan hasil minuman merupakan “hasil tanam kasih sayang.”

2. Jenis tanaman pertama yang jadi koleksi Nadine adalah kaktus dan sukulen. Ada berbagai jenis dan punya ruangan tersendiri untuk meletakkan jenis tanaman tersebut.

potret nadine chandrawinata
Potret Nadine dan koleksi tanaman kaktus sukulen (Instagram/@nadinelist)

 

Beberapa jenis kaktus dan sukulen kerap ia dijadikan dalam satu pot. Seperti halnya terrarium yang berisi kaktus serta sukulen di bawah ini.

koleksi tanaman nadine chandrawinata
Tanaman terarium koleksi Nadine Chandrawinata (Instagram/@nadinelist)

 

3. Mawar batik yang cantik, tulis Nadine beberapa waktu lalu “Beberapa kali, durimu menyentuhku.. Ku beri kau makanan dan minuman , tetap kau menyentuhku.. Ternyata aku harus lebih sabar saat memberimu kasih sayang.. Memang indah pada waktunya.

koleksi tanaman nadine chandrawinata
Koleksi tanaman Nadine Chandawinata, Mawar batik (Instagram/@nadinelist)

 

4. Apakah Anda juga menyukai aktivitas berkebun? Sudah punya koleksi tanaman keladi wayang seperti Nadine Chandrawinata?

koleksi tanaman nadine chandrawinata
Koleksi tanaman Nadine Chandawinata, Keladi wayang (Instagram/@nadinelist)

 

Dalam unggahan potret di Instagram-nya di atas, anggapan Nadine tertoreh dalam dua kalimat yang sangat berarti. Tulisnya “Si wayang yang masih malu-malu tunjukin warna pinknya!
Tak apa, itu namanya PROSES
.”

5. Tanaman ini sering jadi trending topik, dan termasuk koleksi tanaman Nadine, yaitu pisang varigata. Sambil memamerkan DIY sepatu upcycle, Nadine bergaya di depan koleksi tanamannya.

potret nadine chandrawinata
Koleksi tanaman Nadine Chandawinata (Instagram/@nadinelist)

 

Nadine menjelaskan, “Banyak yang bertanya apa bedanya RECYCLE dan UPCYCLE ?.Sepintas terlihat serupa, sama-sama kegiatan mendaur ulang barang tidak terpakai. Tapi secara singkatnya, Recycle butuh proses panjang, Upcycle hanya butuh kreativitas.

nadine chandrawinata
Koleksi tanaman Nadine Chandawinata (Instagram/@nadinelist)

 

6. Bersama koleksi lithops, Nadine berswafoto. Nadine juga menjelaskan tentang lithops dalam satu kalimat, tulisnya “Nama Lithops berasal dari dua kata dalam bahasa Yunani, yaitu lithos yang berarti “batu“ dan ops yang artinya ‘mirip’”.

nadine chandrawinata
Nadine Chandrawinata berswafoto bersama lithop (Instagram/@nadinelist)

 

7. Ada berbagai jenis tanaman hias alocasia. Sedangkan salah satu koleksi Nadine adalah spesies alocasia reginae yang di tengahnya muncul motif berwarna merah muda.

koleksi tanaman nadine chandrawinata
Koleksi alocasia milik Nadine Chandrawinata (Instagram/@nadinelist)

 

8. Menurut Nadine, yang ia kerjakan dan bagikan dalam laman Instagram-nya bermanfaat memperbaiki pola hidup. Termasuk aktivitas composing, atau mengolah sisa makanan menjadi pupuk organik untuk tanaman koleksinya.

nadine chandrawinata
Nadine Chandrawinata membuat kompos (Instagram/@nadinelist)

 

Tidak tanggung-tanggung, hobi berkebun juga bisa membentuk pola hidup seseorang. Nadine menuliskan kesannya ketika melakukan aktivitas berkebun, berikut tulisnya:

Akhirnya bisa menikmati hasil ngompos aku sendiri. Berawal dari rasa ga enak hati buang sisa-sisa buah (karena kita tiap hari ngejuice), senangnya ada solusi akan apa yang kita konsumsi setiap hari.
Malah dapat bonus untuk tanaman, dapat pupuk padat dan cair.

Disamping jenis-jenis tanaman yang dirangkum VOI di atas, Nadine juga mengoleksi begonia, berbagai spesies alocasia, monstera, aglonema, fittonia, dan oxalis triangularis. Ditambah lagi tanaman yang bisa dimanfaatkan seperti rosemary dan daun mint.