Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan Lengkap dengan Cara Mengolahnya dengan Mudah
Ilustrasi bunga telang (yankes.kemkes.go.id)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tak banyak masyarakat tahu manfaat bunga telang untuk kesehatan tubuh. Tak hanya bermanfaat, bunga cantik warna biru ini sangat mudah diolah menjadi obat herbal.

Manfaat Bunga Telang

Seperti yang diketahui, bunga yang memiliki nama latin Clitoria Ternatea ini mudah ditemukan di negara Asia Tenggara seperti India, Sri Lanka, Thailand, Vietnam, dan Indonesia. Adapun manfaar dari bunga telang adalah sebagai berikut.

  1. Turunkan Berat Badan

Dikutip dari Halodoc, Siapa sangka bunga telang ternyata bisa membantu menurunkan berat badan yakni dengan mengatur ulang jalur yang terlibat dalam perkembangan sel dengan cara memblokir sintesis sel lemak tubuh.

  1. Turunkan Gula Darah

Selain membantu menurunkan berat badan, manfaat bunga telang adalah membantu menurunkan kadar gula dalam tubuh. Khasiat ini terjadi karena adanya antioksidan yang mampu mendongkrak kinerja insulin.

  1. Bantu Tumbuhkan Rambut

Bunga telang juga berkhasiat untuk membantu menumbuhkan rambut karena adanya senyawa anthocyanin yang mampu meningkatkan sirkulasi darah di kepala. Selain itu bunga telang juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan memperkuat folikel rambut dari dalam.

  1. Turunkan Gejala Asma

Bagi Anda yang sering menderita karena gejala asma, bunga telang bisa jadi solusinya. Hal itu terjadi karena sifat antioksidan dan antiasthmatic yang ada pada bunga telang. Anda bisa mendapat manfaat telang dengan mengolahnya lebih dulu.

  1. Ringankan Gejala Depresi

Bunga telang juga membantu menjaga kesehatan mental karena meringankan gejala depresi. Hal ini terjadi karena adanya asam palmitat, senyawa yang mirip dengan asam linolenat yang berguna untuk melindungi sistem saraf pusat dari kerusakan. Selain itu asam palmitat bersifat antioksidan yang berfungsi sebagai antidepresan alami.

  1. Turunkan Demam

Siapa sangka bunga telang bisa menjadi parasetamol alami yang mampu menurunkan demam hingga membantu meredakan nyeri karena demam. Anda bisa mengandalkan bunga telang sebagai “parasetamol” abadi.

  1. Menjaga Kesehatan Otak

Dalam beberapa penelitian dikatakan bahwa bunga telang mampu menjaga kesehatan otak karena bisa meningkatkan zat kimia yang disebut asetilkolin di di otak tikus. Zat tersebut bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak. Saat kadar asetilkolin tinggi di otak maka potensi kehilangan ingatan karena usia lebih kecil dan daya ingat bisa lebih kuat.

  1. Menyehatkan Mata

Bunga telang bisa membantu Anda menjaga dan menyehatkan mata. Salah satu khasiatnya adalah menurunkan efek kemerahan, pembengkakan, atau rasa gatal karena infeksi mata. Hal ini terjadi karena adanya proanthocyanidin pada bunga. Cara menggunakannya sangat mudah yakni dengan cara mencuci mata menggunakan air rendaman bunga telang.

Cara Mengolah Bunga Telang

Khasiat bunga telang bisa Anda dapatkan dengan cara mengonsumsinya. Adapun cara mengonsumsinya adalah dengan menjadikannya sebagai minuman teh herbal. Untuk menjadikannya sebagai teh, Anda cukup mengeringkan bunga telang.

Proses pengeringan bunga ini bisa dilakukan secara alami yakni dengan menjemurnya di bawah sinar matahari hingga kandungan airnya kering. Namun Anda juga bisa mengoven bunga hingga kering.

Setelah kering bunga bisa langsung diseduh dengan air panas. Kelopak bunga akan menimbulkan warna biru saat diseduh. Warna ini cukup cantik dan menarik perhatian. Bahkan beberapa orang menjadikan bunga telang sebagai pewarna alami makanan.

Itulah informasi terkait manfaat bunga telang. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.