Bagikan:

YOGYAKARTA - Jam tangan GMT menjadi salah satu jenis jam tangan yang digemari banyak orang. Adanya fitur Greenwich Mean Time (GMT) membuat jam tangan ini menarik bagi pengguna. Jam tangan ini juga memiliki keunikan yang berbeda dari jam tangan standar. 

Jika membicarakan merek-merek arloji kelas atas, jam tangan GMT juga masuk jajaran semacam Longines, Bell  & Ross, Ulysse Nardin, dan Seiko. Pembeda dari jam tangan ini dengan model lainnya adalah adanya jarm tambahan pada dial yang memperlihatkan GMT. 

Bagi para pengguna jam tangan pemula mungkin masih asing dengan apa itu jam tangan GMT. Lantas bagaimana cara kerja dan penggunaan jam tangan GMT?

Apa Itu Jam Tangan GMT?

Jam tangan berfitur GMT memungkinkan pengguna bisa tahu keterangan waktu di lebih dari satu zona waktu. Greenwich Mean Time pada fitur ini merupakan titik nol untuk zona waktu di semua penjuru dunia yang berada di Greenwich. Lokasi Inggris yang dijadikan patokan pembagian waktu di Bumi. 

Konsep Greenwich Mean Timu pertama kali diperkenalkan pada tahun 1884. Namun produk jam tangan dnegan fitur GMT baru dirilis selama The Jet Age era di mana maskapai penerbangan mulai menerapkan perjalanan udara lintas benua. 

Seiring meningkatnya aktivitas perjalana udara pakai pesawat, terjadi fenomena efeksa samping penyesuaian waktu. Misalnya penumpang yang mengalami jet lag atau pilot yang lupa waktu di rumah. 

Jet lap sering dialami oleh orang yang bepergian atau melakukan perjalanan melewati beberapa zona waktu berbeda. Kondisi tersebut membuat jam biologis atau jam internal tubuh seseorang menjadi terganggu lantaran mereka masih belum beradaptasi dengan zona waktu yang baru. 

Pada tahun 1950-an menjadi era awal kemunculan jam tangan GMT. Rolex memproduksi jam tangan GMT yang disebut GMT-Master Pan Am pada tahun antara 1954-1955. Jam tangan ini didesain dengan bezel bernunasa biru dan merah. Jam tatangan ini dibekali fitur GMT yang mampu menunjukkan dua zona waktu sekaligus. 

Cara Kerja Jam Tangan GMT

Ciri khas dari jam tangan GMT adalah adanya jarum jam tambahan di bagian dial dan terdapat indikator waktu 24 jam di bagian bezel. Jam tangan GMT memiliki cara kerja yang terbilang mudah. Jika jarum pada jam tangan standar menunjukkan waktu dalam format 12 jam, sementar jam GMT menampilkan waktu dalam format 24 jam. 

Pada jam tangan standar dengan format 12 jam, jarum akan berotasi sebanyak dua kali sehari. Sementara jarum jam GMT akan berotasi penuh sekali setiap 24 jam. Apabila jarum jam biasa memperlihatkan angka atau indeks di bagian dial mka jarum GMT menunjukkan skala 14 jam di bezel. 

Jam tangan GMT cenderung punya hand berwarna dan bagian ujung dibuat menonjol agar pengguna mudah membedakan setiap zona waktu. Jam tangan GMT modern memiliki komplikasi yang memungkinkan pengguna dapat dengan cepat menyetel jarum tambahan ke Greenwich Mean Time atau zona waktu internasional. Setelahya, pengguna tinggal mengatur jarum jam standar ke zona waktu lokal seperti ‘GMT +7’ apabila berada di Jakarta atau sekitarnya.

Tips Mengoperasikan Jam Tangan GMT

Bagi orang yang jaram menggunakan jam tangan GMT mungkin akan bingung bagaimana cara mengatur setelannya. Pengaturan jam tangan GMT sebenarnya sangatlah mudah dengan memperhatikan Greenwich Mean Time yang menjadi titik nol untuk zona waktu. 

Pengguna jam tangan GMT harus mengatur zona waktu di lokasi keberadaannya. Caranya dengan melihat berapa jam selisih zona waktu dari GMT. Apabila zona waktu di tempanya berada satu jam di atas GMT, maka Anda bisa menyetel indeks 24 agar sejajar dengan indesk am 12 pada dial. Kemudian geser satu jam untuk membuat jarum jam tambahan menunjukkan zona waktu kedua.

Demikialah ulasan mengenai apa itu jam tangan GMT dan cara penggunannya. Jam tangan ini banyak diminati karena menawarkan fitur menarik dan berbeda dari jenis jam tangan lainnya. Jam tangan GMT sangat cocok bagi Anda yang kerap melakukan perjalanan ke luar negeri. Baca juga mengenal jam tangan chronograph

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.