JUICE Harus Tunda Bertamu ke Jupiter Akibat Cuaca Buruk
Misi JUICE ke Jupiter Ditunda karena Cuaca Buruk (foto: dok. Instagram ESA)

Bagikan:

JAKARTA - Peluncuran misi JUpiter ICy Moons Explorer (JUICE) oleh Badan Antariksa Eropa (ESA) yang akan mengunjungi Bulan di Planet Jupiter telah ditunda selama 24 jam karena kondisi cuaca.

Peristiwa ini terjadi hanya beberapa menit sebelum peluncuran yang direncanakan pada 12.15 GMT dari pelabuhan antariksa Eropa di Kourou, Guyana Prancis, karena ancaman petir di langit..

"(Hanya dengan beberapa menit tersisa) kumpulan awan besar mendekat dan kami sama sekali tidak dapat melanjutkan peluncuran karena risiko petir," ungkap CEO perusahaan Prancis Arianespace yang menyediakan roket Ariane 5, Stephane Israel.

ESA menyatakan, peluncuran berikutnya akan berlangsung pada 12.14 GMT atau pukul 19.14 WIB hari ini, jika cuaca benar-benar mendukung.

"Yang penting launcher dan JUICE berada dalam konfigurasi yang stabil dan keamanan penuh. Kami akan kembali besok pagi," jelas Israel.

Jendela peluncuran JUICE hanya berdurasi satu detik, hal ini karena kebutuhan untuk menghemat bahan bakar dalam perjalanan ke Jupiter.

Pesawat ruang angkasa harus mencapai lintasan tertentu untuk perjalanan ini, yang akan melibatkan terbang lintas dengan bantuan gravitasi dari beberapa planet termasuk Bumi dan Venus untuk memberikan dorongan pada JUICE di sepanjang jalan.

Sebelumnya diwartakan, misi JUICE, yang akan mengunjungi tiga Bulan terbesar Jupiter, yakni Europa, Ganymede, dan Callisto bertujuan untuk mempelajari apakah bulan-bulan ini berpotensi layak huni karena dianggap menampung lautan air cair di bawah kerak es yang tebal.

Pesawat ruang angkasa itu akan diluncurkan menggunakan roket Ariane 5 dan menghabiskan sekitar delapan tahun perjalanan ke sistem Jupiter sebelum tiba di planet tersebut pada Juli 2031, seperri dikutip dari Digital Trends.

Untuk menonton peluncuran hari ini, ESA menayangkannya melalui saluran resmi YouTube-nya. Sila klik di sini.