Bagikan:

YOGYAKARTA - Jam tangan tidak hanya berfungsi sebagai aksesoris penunjang penampilan. Ada juga jam tangan yang mendukung aktivitas olahraga, seperti untuk berenang. Produk-produk jam tangan keluaran terbaru telah dibekali berbagai teknologi dan fitur yang bisa dimanfaatkan untuk gaya hidup aktif. 

Bagi Anda yang suka berenang, memilih jam tangan tentunya tidak bisa asal-asalan. Tidak hanya dari keunggulan anti air, jam tangan untuk berenang juga harus memiliki fitur-fitur pendukung lainnya. Mengingat akan dipakai buat menyelam, jam tangan juga harus kuat dari tekanan air agar tidak cepat rusak. 

Jam tangan yang support untuk aktivitas air biasanya dijual dengan harga lebih mahal sebanding dengan kualitas yang ditawarkan. Lantas bagaimana cara memilih jam tangan untuk renang supaya tidak salah beli?

Tips Memilih Jam Tangan untuk Renang

Ketika mencari jam tangan yang bisa digunakan untuk berenang, biasanya orang-orang akan memilih produk yang dibekali kemampuan water resistant. Padahal ada pertimbangan lainnya yang juga harus dilihat. Fitur-fitur untuk melacak aktivitas di dalam air juga penting untuk dipertimbangkan. 

Bagi Anda yang kerap melakukan kegiatan di air, berikut ini tips memilih jam tangan untuk renang:

Memperhitungkan Tingkat Water Resistant

Jam tangan yang bisa digunakan untuk berenang memiliki fitur water resistant. Biasanya keterangan anti air tercantum di salah satu bagian jam tangan. Namun sebaiknya jangan sembarangan membeli jam tangan yang terdapat keterangan anti air. 

Dalam mencari jam tangan untuk renang, Anda juga harus mempertimbangkan tingkat water resistant. Anda harus mengetahui spesifikasi anti airnya untuk menyesuaikan dengan aktivitas berenang. Setiap perenang biasanya memiliki gaya menyelam yang berbeda-beda, sehingga juga berpengaruh pada kemampuan jam tangan bertahan di dalam air. 

Semakin tinggi tingkat water resistant maka jam tangan juga lebih kuat bertahan dari paparan air. Pada spesifikasi water resistant biasanya terdapat keterangan satuan BAR/ATM/meter. Keterangan tersebut sebagai indikator tekanan air yang bisa ditahan oleh jam tangan. Ada beberapa tingkatan kedalaman dalam fitur water resistant setiap jam tangan. 

Anda bisa memilih jam tangan dengan tingkatan kedalaman sesuai gaya berenang Anda. Berikut ini tingkatan kedalaman dalam water resistant jam tangan untuk berenang atau menyelam:

  • 3 ATM/BAR (30 meter): jam tangan ini sanggup bertahan untuk kegiatan sehari-hari meski terkena cipratan air atau hujan ringan. Namun kategori water resistant ini tidak disarankan untuk digunakan berenang. 
  • 5 ATM/BAR (50 meter): jam tangan memiliki ketahanan air lebih baik dibandingkan spesifikasi sebelumnya. Jam tangan ini mampu bertahan saat dipakai mandi, namun belum mendukung aktivitas berenang. 
  • 10 ATM/BAR (100 meter): jam tangan ini mendukung kegiatan berenang maupun menyelam karena memiliki tingkat ketahanan air yang tinggi. Meski demikian, jam tangan ini tidak disarankan untuk aktivitas high-board diving atau sun-aqua diving. 

Material Strap yang Kuat dan Elastis

Bagian penting lainnya yang perlu diperhatikan saat memilih jam tangan untuk renang adalah strap. Lantaran dipakai bergerak dengan intensitas tinggi, Anda harus memilih jam tangan yang memiliki bahan strap nyaman. Material strap sangat mempengaruhi kenyamanan perenang. 

Selain strap yang nyaman, Anda juga harus memilih material yang elastis atau fleksibel. Produk-produk jam tangan untuk aktivitas air biasanya dibekali dengan strap dari material rubber, stainless steel, dan kanvas. 

Material rubber yang terbuat dari plastik dan karet memiliki sifat yang fleksibel. Selain itu, material ini juga bersifat ringan dan tahan air, sehingga aman dipakai saat berenang. Material stainless steel memang lebih berat, namun daya tahannya lebih baik. Sementara bahan kanvas kuat menahan tekanan air dan tidak mudah putus. 

Memiliki Mekanisme Screw Back

Karakteristik lain dari jam tangan air untuk renang atau menyelam adalah adanya mekanisme screw back di bagian belakang casingnya. Keberadaan elemen ini sangat penting mengingat back case bisa menjadi celah masuknya air ke mesin jam tangan. 

Jam tangan para perenang harus memiliki back case yang tertutup rapat supaya terlindung dari paparan air. Dengan adanya mekanisme screw-back, bagian belakang jam bisa tertutup rapat saat digunakan berenang. 

Dibekali Mekanisme Screw-Down

Ciri-ciri jam tangan support dalam air lainnya adalah terdapat mekanisme screw-down di bagian crown. Sama seperti back case, bagian crown jam tangan juga bisa menjadi celah menyusupnya air. Bagian crown pada setiap jam tangan didesain dengan bentuk, ukurang, hingga mekanisme crown yang berbeda-beda. 

Jika Anda mencari jam tangan untuk renang, maka pilihlah yang dirancang mekanisme screw-down di bagian crown. Mekanisme screw-down yang tertutup rapat bisa mencegah air agar tidak masuk. Namun perlu diingat, perenang sebaiknya tidak membuka atau memutar screw-down saat di dalam air untuk menghindari masuknya air. 

Demikianlah beberapa tips memilih jam tangan untuk renang yang tahan tekanan air. Perhatikan sejumlah hal penting di atas saat mencari jam tangan untuk aktivitas air. Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan fitur-fitur pemantau data olahraga seperti pencatat detak jantung, perhitungan kalori, dan lainnya. Baca juga cara memilih jam tangan sesuai ukuran

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.