Cara Memilih Jam Tangan Sesuai Ukuran Tangan: Perhatikan Diameter Case dan Lebar Strap
Cara memilih jam tangan sesuai ukuran tangan (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Saat akan membeli jam tangan, Anda perlu tahu cara memilih jam tangan sesuai ukuran tangan. Jam tangan yang dijual di pasaran tersedia dalam berbagai merek dengan desain dan ukuran yang berbeda-beda. Satu ukuran case jam tangan belum tentu cocok dipakai oleh semua orang. 

Mungkin Anda sudah punya pilihan merek jam tangan yang ingin dibeli. Namun yang lebih penting adalah memilih jam tangan yang sesuai ukuran tangan. Percuma apabila Anda memiliki jam tangan branded atau mahal namun tidak pas saat di pergelangan tangan Anda. Jam tangan yang tidak pas tentu membuat Anda tidak nyaman saat memakainya. 

Jika ukuran jam tangan tidak cocok, maka jam akan kendor atau kekecilan. Hal ini membuat penampilan Anda jadi tampak kurang maksimal. Lantas bagaimana cara memilih jam tangan sesuai ukuran agar terlihat keren dan pas dikenakan?

Cara Memilih Jam Tangan Sesuai Ukuran Tangan

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat membeli jam tangan. Untuk menemukan jam tangan yang sesuai dengan ukuran tangan, maka Anda harus mempertimbangkan sejumlah elemen seperti diameter case, ketebalan case, lebar strap, hingga panjang strap. 

Berikut ini panduan memilih jam tangan sesuai ukuran tangan yang bisa Anda terapkan:

Diameter Jam Tangan

Diameter jam tangan akan mempengaruhi kecocokan tampilan jam saat Anda gunakan. Diameter case jam tangan pria umumnya sekitar 38mm sampai 46mm. Di luar ukuran tersebut, maka jangan tangan akan tampak terlalu besar atau terlalu kecil. 

Untuk bisa memilih jam tangan dengan ukuran yang ideal bagi Anda, Anda perlu mengukur pergelangan tangan Anda. Apabila pergelangan tangan Anda berukuran antara 14cm-18cm, sebaiknya Anda memilih jam tangan kecil atau sedang berdiameter 38mm, 40mm, atau 42mm. Jika pergelangan Anda di atas 18cm, maka pilihlah casing yang berukuran 44-46mm.

Ketebalan Case

Ketebalan case juga perlu Anda perhatikan saat memilih jam tangan. Secara umum, ketebalan case harus proporsional dengan diameternya. Jadi bisa dibilang ketebalan case harus bertambah besar seperti diameternya. 

Anda dapat mengenakan jam tebal untuk tangan Anda, asalkan diameternya tepat. Umumnya jam tangan berdiameter 38mm hingga 42mm memiliki ketebalan 7mm. Sementara jam tangan berdiameter 44mm dan di atasnya bakal menjadi sekitar 9mm tebal atau lebih. 

Tali Jam Tangan

Setiap model jam tangan umumnya didesain dengan tali yang berbeda-beda. Secara umum, tali jam tangan memiliki lebar setengah dari diameter case. Apabila jam tangan Anda memiliki case 42mm, maka seharusnya lebar talinya 21mm. Namun contoh ini hanyalah panduan saja, dan banyak laki-laki lebih suka band dengan ukuran sesuai selera. 

Material Strap

Material strap juga penting untuk Anda pertimbangkan saat memilih jam tangan. Ada berbagai jenis material strap yang terpasang pada setiap model jam tangan. Bahan logam misalnya, membuat jam tangan tampak lebih berat dan lebih tebal dibanding strap dari kulit. 

Strap logam paling cocok dikenakan pada pergelangan tangan yang lebih besar. Sementara strap kulit lebih pas pada pergelangan tangan yang kecil karena sifatnya tampak minimalis dan slim. Namun kembali lagi, pertimbangan pilihan strap jam tangan juga disesuaikan dengan preferensi pribadi masing-masing. 

Demikianlah panduan cara memilih jam tangan sesuai ukuran tangan dengan mempertimbangkan sejumlah hal di atas. Pastikan Anda membeli jam tangan yang cocok untuk pergelangan tangan Anda supaya tampak pas dan keren maksimal. Baca juga cara memeriksa kesehatan dan penggunaan baterai Apple Watch

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.