Cara Mencegah Diabetes, Ternyata Tidak Cukup Hanya Mengurangi Asupan Gula
Ilustrasi gula putih (Unsplash/Jess Bailey)

Bagikan:

JAKARTA – Merujuk dari berbagai penelitian, diabetes dapat disebabkan oleh berbagai hal yang pada dasarnya pola hidup tidak sehat. Mulai dari porsi makan, makanan apa saja yang dikonsumsi, minuman yang sering diminum hingga kondisi psikologis seseorang.

Sebab bervariasinya penyebab diabetes, cara mencegah diabetes tidak hanya cukup jika mengurangi konsumsi gula saja. Diabetes tipe 2 merupakan penyakit yang tidak menular, tetapi pola hidup tidak sehat besar memengaruhi. Bahkan, pola hidup tidak sehat bisa ‘menular’ dari lingkungan sekitar.

Berikut cara mencegah diabetes tipe 2, Anda dapat mengubah kebiasaan yang tidak sehat sesuai dengan anjuran di bawah ini.

Mengurangi minuman manis

Jumlah konsumsi gula setara dengan risiko diabetes. Semakin banyak Anda mengonsumsi minuman manis, maka semakin besar pula peningkatan diabetes.

Sebisa mungkin, hindari berbagai jenis minuman manis. Meskipun berslogan less sugar atau no sugar, bukan tidak mungkin minuman tersebut mengandung gula atau elemen gula seperti sukrosa. Lebih sehat, Anda memakai pemanis alami dari buah segar.

Air putih minuman paling sehat

Solusi dari poin pertama sebagai langkah pencegahan adalah menganggap dan menyadari bahwa air putih adalah minuman paling sehat. Alih-alih minum manis meskipun dari pemanis alami, lebih baik minum air putih agar tubuh tetap cukup terhidrasi.

Air putih juga baik untuk mengendalikan tubuh terhadap fluktuasi kadar gula darah serta respons insulin.

Jangan malas bergerak

Malas bergerak bisa memicu peningkatan risiko diabetes. Jika tak sempat berolahraga sebab aktivitas Anda pada, maka sisakan waktu untuk banyak berjalan. Seenggaknya, sehari membutuhkan 12.000 langkah kaki untuk membakar kalori.

cara mencegah diabetes

Ilustrasi jalan kaki (Unsplash/Arturo Castaneyra)

Anda juga bisa meluangkan waktu dengan olahraga level medium hingga tinggi, misalnya aerobik, push-up, sit-up maupun jogging.

 

Membatasi konsumsi makanan dengan indeks glikemik tinggi

Semakin cepat makanan dicerna, maka semakin tinggi indeks glikemiks-nya. Makanan yang cepat dicerna antara lain berbahan tepung putih berupa roti, pasta, mi, dan biskuit.

cara mencegah diabetes
Ilustrasi beras merah (Unsplash/David Gabrielyan)

Selain berasal dari tepung putih, nasi putih juga memiliki indeks glikemik tinggi. Untuk program sehat, ukur betul-betul porsi nasi putih atau menggantinya dengan nasi merah dan beras shirataki.

 

Seimbangkan indeks massa tubuh

Obesitas atau berat badan berlebih memiliki risiko diabetes dan penyakit lainnya seperti jantung, kolesterol, dan tekanan darah tinggi. Dari kasus diabetes tipe 2, paling banyak dipicu obesitas.

cara mencegah diabetes
Ilustrasi lingkar pinggang (Unsplash/Bill Oxford)

Artinya kurangi berat badan dengan cara paling sehat, misalnya dengan diet karbohidra, rutin olahraga, dan cukup istirahat.

Kurangi makanan yang diproses

Ada untungnya mengosumsi makanan raw seperi salad sayur dengan dressing air perasan jeruk nipis ditambah olive oil. Makanan yang terlalu banyak diproses misalnya frozen food dan makanan instan cenderung sulit dikontrol kandungan di dalamnya.

cara mencegah diabetes

Ilustrasi salad (Unsplash/Anna Pelzer)

 

Artinya, semakin Anda dapat mengontrol nutrisi dalam sebuah makanan maka akan semakin kecil kemungkinan peningkatan risiko diabetes khususnya diabetes tipe 2. Paling direkomendasikan mengonsumsi makanan berbahan fresh dan dikenali nutrisi yang terkandung di dalamnya.

 

Dari keenam cara mencegah diabetes di atas, mana yang sudah Anda jalani? Mungkin saja tidak mudah, tetapi perlu disadari bahwa tubuh yang sehat memiliki hidup yang lebih berkualitas.