Bagikan:

YOGYAKARTA - Meski sudah makan, seseorang bisa merasa lapar terus menerus. Mungkin Anda mengalami kondisi ini? Munculnya rasa lapar walau baru saja makan ini cukup mengganggu aktivitas dan bikin ngggak nyaman. 

Rasanya memang aneh ketika terus-terusan lapar padahal baru saja melahap makanan. Namun ternyata kondisi ini bisa dijelaskan secara medis. Tubuh yang gampang lapar bisa mengindikasikan masalah kesehatan tertentu, seperti diabetes tipe 2 dan hipotiroid. 

Mungkin selama ini Anda bingung ketika mengalami gejala lapar berkelanjutan setelah makan. Selain membuat tubuh mudah lemas, kondisi ini juga cukup menguras keuangan karena Anda harus membeli makanan lebih sering. Ada beberapa cara mengatasi rasa lapar terus-menerus yang bisa Anda terapkan. 

Cara Mengatasi Rasa Lapar Terus-Menerus

Munculnya rasa lapar terus-menerus dapat diatasi dengan mengubah kebiasaan dan memperhatikan asupan makanan. Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi rasa lapar terus-menerus yang mungkin dapat Anda lakukan:

Pilih Asupan Makanan Bergizi

Mengonsumsi makanan tidak sehat secara berlebihan bisa menjadi pemicu rasa lapar terus-menerus. Makanan olahan karbohidrat dan fast food dapat membuat tubuh mencerna makanan dengan cepat, sehingga menyebabkan peningkatan rasa lapar. 

Untuk mengatasi hal ini, Anda perlu menghindari jenis makanan tersebut. Pastikan memilih makanan bergizi atau bernutrisi untuk dikonsumsi. Disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung protein tinggi, serat, dan lemak sehat.

Miliki Waktu Tidur yang Cukup

Kekurangan tidur dapat mengurangi kadar hormon leptin yang berperan dalam mengatur rasa kenyang tubuh. Ketika seseorang punya jam tidur yang minim, maka berpotensi besar mengalami rasa lapar berlebihan. Supaya kondisi ini tidak terjadi maka Anda harus mencukupi waktu tidur minimal tujuh jam setiap malam.

Mengindari Stres

Stres yang berlangsung dalam waktu yang lama dapat meningkatkan kadar hormon kortisol dalam tubuh. Ketika hormon tersebut sedang tinggi maka bisa meningkatkan nafsu makan. Untuk mengurangi dampaknya, lakukan kegiatan relaksasi seperti yoga dan meditasi. Selain itu, usahakan untuk menghindari penyebab stres yang mungkin mengganggu Anda.

Hindari Makanan Tinggi Gula

Makanan yang mengandung tinggi gula dan karbohidrat olahan sering kali memicu peningkatan gula darah yang cepat. Namun di samping itu, gula darah juga akan menurun tajam yang bisa menyebabkan rasa lapar berlebihan. Sebaiknya Anda mencoba menggantinya dengan makanan yang lebih sehat seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

Mengonsumsi Air Putih

Dehidrasi bukan hanya membuat tubuh terasa lemah, tetapi juga dapat meningkatkan rasa lapar. Untuk mencegahnya, Anda dapat mencoba minum segelas air putih sebelum atau selama makan agar merasa lebih kenyang. Pastikan untuk mencukupi asupan air putih demi mencegah dehidrasi.

Menghentikan atau Mengganti Konsumsi Obat

Beberapa jenis obat dapat meningkatkan nafsu makan sebagai efek sampingnya. Misalnya obat seperti antidepresan, kortikosteroid, dan kontrasepsi hormonal. Jika Anda mengalami kondisi tersebut, disarankan berkonsultasi dengan dokter untuk menyesuaikan dosis atau mencari alternatif pengobatan.

Hindari Minuman Beralkohol

Konsumsi minuman beralkohol dapat memiliki dampak negatif pada bagian otak yang mengatur pengambilan keputusan, keinginan, dan sensasi penerimaan. Efeknya tubuh bisa terus-menerus merasakan lapar meskipun sudah makan. Menghentikan kebiasaan minum alkohol dapat membantu Anda merasa lebih kenyang dan mengurangi keinginan makan yang berlebihan.

Makan secara Perlahan

Makan dengan cepat dapat meningkatkan kecenderungan untuk merasa lapar dan terus ingin makan. Sebaliknya, makan perlahan dan mengunyah makanan lebih lama telah terbukti meningkatkan rasa kenyang. Oleh karena itu, usahakan makan secara perlahan untuk mengurangi dorongan makan berlebihan.

Lakukan Pemeriksaan Medis

Beberapa kondisi kesehatan seperti diabetes, gangguan tiroid, dan gangguan kesehatan mental, bisa menyebabkan Anda mengalami rasa lapar yang terus-menerus. Penting untuk menjalani pemeriksaan medis guna mengidentifikasi masalah kesehatan yang mungkin Anda alami. Dengan langkah ini Anda juga akan menerima pengobatan dan perawatan yang sesuai.

Demikianlah beberapa cara mengatasi rasa lapar terus-menerus yang bisa Anda praktikkan. Jika Anda kerap mengalami rasa lapar berlebiha meskipun sudah mengonsumsi makanan, sebaiknya kondisi itu jangan dibiarkan saja. Terapkan beberapa langkah di atas dan periksakan diri ke dokter. Baca juga penyebab berat badan berhenti turun meski rutin olahraga

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.