Bagikan:

JAKARTA - Hidup itu indah. Namun terkadang Anda mungkin merasa seperti berada dalam siklus yang monoton. Dimana melakukan hal yang sama setiap hari atau menjalani kehidupan yang tidak berarti.

Alasan mengapa hidup terasa tak berarti dapat berbeda tiap orang. Misal, kondisi kesehatan mental, seperti depresi atau gangguan mood lainnya dapat menyebabkan perasaan sedih atau putus asa. Sehingga berpotensi mengurangi minat seseorang terhadap aktivitas yang disukainya di masa lalu. Selain itu, ketidakpuasan di tempat kerja, rumah, atau sosial dapat menyebabkan seseorang merasa hidupnya tak berarti. 

Dilansir dari Psych Central, Rabu, 28 Februari, berikut lima tips berdamai dengan kenyataan saat hidup terasa tak berarti

Temukan niat hidup

Ketika menjalani hidup dengan niat, Anda akan menyadari mengapa Anda melakukan apa yang dilakukan. Anda akan mempertimbangkan setiap aspek kehidupan untuk melihat apakah sejalan dengan visi atau tujuan. Hidup dengan niat adalah praktik menyusun kehidupan sehari-hari berdasarkan keyakinan dan nilai inti.

Perjalanan hidup bisa jadi lebih menantang saat Anda mulai mendefinisikan nilai dan keyakinan pribadi. Untuk itu, cobalah praktikkan positif self talk dan putuskan diri dari gangguan seperti media sosial atau orang-orang sekitar yang kurang membangun. 

Pertimbangkan mengeksplorasi perasaan Anda guna menyelidiki apa yang Anda inginkan dan butuhkan dalam mencari tujuan hidup.Pertanyaan-pertanyaan berikut dapat membantu Anda memulai:

  • Apa yang membuat saya merasa gembira?
  • Minat dan keinginan apa yang ingin saya jelajahi lebih lanjut?
  • Apa yang mendorong saya untuk sukses?
  • Apa arti kesuksesan bagi saya?

Praktekkan rasa syukur

Penelitian tahun 2017 menunjukkan bahwa merasakan dan menunjukkan penghargaan atas apa yang Anda miliki dalam hidup adalah cara menerima kebaikan di sekitar Anda. Ini dapat membantu memandu Anda menuju kehidupan impian dan membantu menemukan tujuan dalam hidup.

Penelitian tahun 2022 menunjukkan bahwa menulis apa-apa saja yang disyukuri dapat membantu seseorang mengubah keadaan mereka secara positif, mengurangi stres, dan meningkatkan suasana hati.

Anda dapat mengintegrasikan rasa syukur ke dalam kehidupan sehari-hari Anda dengan:

  • menulis surat kepada seseorang yang memberikan pengaruh positif pada Anda
  • membuat daftar hal-hal yang Anda syukuri
  • meluangkan waktu untuk berhenti sejenak di saat Anda merasa bersyukur
  • mengungkapkan rasa syukur saat berdoa

Temukan hal-hal yang memberi makna pada hidup

Memperhatikan hal-hal yang memberi makna pada hidup dapat membantu Anda menemukan aspek positif. Terkadang, hal-hal yang tampak biasa saja yang paling memberi makna, termasuk pemandangan alam yang indah atau berkah yang tak terduga.

Noelle Nelson, psikolog klinis dan penulis, menjelaskan bahwa “melakukan sesuatu yang bermakna berarti memberikan makna dan nilai pada tindakan tersebut.”

Nelson memberikan contoh berikut tentang bagaimana menemukan makna dalam kehidupan Anda sehari-hari:

  • mengatur alarm Anda di pagi hari agar Anda memiliki waktu yang cukup untuk bersiap menghadapi hari tanpa merasa terburu-buru
  • memeluk pasangan, bukan karena rutinitas, tapi karena ingin mengungkapkan betapa Anda menghargainya
  • mencoba latihan “kesadaran terhadap minuman” yang melibatkan kesadaran pada panca indera Anda saat meminum minuman pilihan seperti kopi, teh, atau air.

Fokus pada hubungan positif

Menghabiskan waktu dengan orang-orang positif adalah cara pasti menemukan makna dalam hidup. Hubungan terbaik untuk dijalin adalah hubungan dengan mereka yang menawarkan dukungan dan sikap positif sekaligus menyemangati Anda dalam perjalanan hidup.

Anda juga dapat mempertimbangkan memberi ruang nostalgia dengan mengenang keluarga dan teman, mendengarkan musik yang mengingatkan Anda akan masa-masa indah, atau membuat lembar memo untuk peristiwa penting dalam hidup.

Menurut penelitian tahun 2022, menghabiskan momen bernostalgia dapat membantu orang menemukan, mempertahankan, dan memulihkan makna hidup. Penelitian juga menunjukkan bahwa nostalgia dapat meningkatkan rasa memiliki dan penerimaan, bahkan ketika Anda sedang menghadapi tantangan dalam hidup.

Penting diingat bahwa tidak semua orang memiliki masa lalu yang positif untuk direnungkan. Jika Anda tidak memiliki pengalaman nostalgia positif, pertimbangkan mengidentifikasi seseorang atau pengalaman yang membawa kenangan lebih positif atau menyenangkan bagi Anda.

Carilah bantuan profesional

Perjalanan menemukan makna hidup bisa jadi sulit, namun Anda tidak harus melakukannya sendirian. Pertimbangkan berbicara dengan terapis atau psikolog untuk mendapatkan bantuan dalam mengatasi dan menemukan makna hidup. Jika Anda hidup dengan kondisi kesehatan mental, mereka juga dapat membantu Anda mengatasi gejala yang mungkin berkontribusi pada perasaan yang dialami.