Biar Enggak Meratap Terus, Lakukan 5 Cara Ini Agar Lebih Menghargai Hidup
Ilustrasi cara untuk menghargai hidup biar enggak meratap terus (Pexels/Andrea Piacquadio)

Bagikan:

JAKARTA – Mengeluh dan meratap kerap dilakukan, terutama ketika waktu habis untuk satu hal yang diharapkan tetapi yang terjadi enggak sesuai kenyataan. Kadang, hal-hal yang ada di depan mata pun terabaikan, termasuk menghargai hidup dan digantikan berkutat mencari-cari apa yang salah.

Untuk mengembalikan keseimbangan hidup dan mengurangi beban di kepala, Anda bisa melakukan cara-cara ini agar hidup jadi terasa lebih berharga.

1. Mengepresiasi apa yang Anda miliki

Mengapresiasi atau menghargai apa yang Anda miliki perlu dilakukan setiap hari. Misalnya dengan mengidentifikasi cinta orang-orang di sekitar Anda, lingkungan, pasangan, hingga pemandangan indah di sekitar rumah. Hal-hal tersebut merupakan bagian yang berharga dalam hidup Anda.

2. Ingat-ingat tentang apa yang telah Anda capai

Menurut saran Barton Goldsmith, Ph.D., LMFT., dilansir Psychology Today, Kamis, 27 Januari, alih-alih menyalahkan diri sendiri tentang kekurangan, lebih baik memberikan penghargaan pada diri sendiri dari apa yang sudah dicapai. Sekecil apapun capaian, mereka pantas untuk diingat sebagai sebuah prestasi.

3. Berhenti mengkhawatirkan masa depan

Setiap orang pernah mengalami rasa khawatir terhadap masa depan. Namun menkhawatirkan sesuatu hal yang belum tentu terjadi akan membuang waktu bukan? Daripada meratapi ketidakjelasan masa depan, lebih baik menata hati supaya tetap tenang dan berani menghadapi apapun nanti.

4. Fokus pada tujuan

Membantu orang lain bisa dilakukan dengan mudah, bahkan tanpa mengharapkan balasan apapun. Tetapi seseorang sering punya harapa besar tetapi tidak memberikan cukup penghargaan pada diri. Cobalah ubah sudut pandang tersebut, jika Anda berhasil mencapai sebuah kesuksesan artinya bisa mencapai kesuksesan lain dengan cara lebih menghargai usaha-usaha kecil Anda.

5. Jangan merendahkan diri sendiri

Mengabaikan apa yang dibutuhkan tubuh, misalnya tidak mengambil waktu istirahat ketika lelah, berarti Anda tidak menghargai tubuh. Merendahkan diri sendiri, menurut Goldsmith hanya akan membuat Anda merasa lebih buruk. Artinya, cobalah untuk lebih menghargai hidup secara sepadan dengan usaha yang telah dilakukan.