Bagikan:

JAKARTA – Membentuk kebiasaan membutuhkan waktu. Tidak mudah, tetapi bisa dimulai dari kebiasaan sederhana supaya ketika beraktivitas, akan lebih terorganisasi. Menurut Alice Boyes, Ph.D., ada kebiasaan sederhana, enggak rumit, dan manfaatnya signifikan.

Kebiasaan tersebut membantu Anda menata hidup, dalam artian lebih spesifik mengorganisir setiap aktivitas keseharian biar enggak berantakan. Berikut yang perlu Anda biasakan, mengutip dari Psychology Today, Jumat, 25 Maret.

1. Foto setiap kali menerima dokumen penting

Mendokumentasikan barang penting, perlu dibiasakan. Alasannya untuk mempermudah Anda mencari ketika dibutuhkan suatu waktu. Misalnya seperti mendokumentasikan surat penting, tugas kantor, alamat email, waktu janji ketemu. Catatan ini akan membantu Anda. Buatlah folder-folder supaya lebih mudah diakses dan dicari. Sebisa mungkin, simpan di lokasi yang bebas diakses kapan saja.

2. Jadwalkan cek kesehatan rutin setiap tahun

Hal yang jarang diperhitungkan bagi Anda yang sibuk ialah pemeriksaan kesehatan. Meski tubuh rasa-rasanya bugar, namun jangan biarkan hal tak terduga berkaitan dengan kesehatan membuat Anda harus meninggalkan aktivitas penting. Kesehatan juga modal untuk hidup bahagia lho. Artinya biasakan cek kesehatan setiap tahun sehingga mengetahui apa yang harus diubah dari pola makan dan gaya hidup yang memengaruhi tubuh Anda.

3. Letakkan barang di tempat yang sama

Salah satu barang kecil, sederhana, tetapi krusial, ialah kunci. Kunci kerap kali sulit dicari-cari. Banyak yang memiliki tempat meletakkan kunci ketika di rumah. Misalnya gantungan di dekat pintu, mangkok di meja tengah, atau kantong dalam loker. Ini dilakukan supaya mempermudah dicari ketika dibutuhkan. Tetapi ketika Anda bepergian dan menginap di hotel, jangan sampai waktu Anda terbuang karena lupa meletakkan kunci. Selain kunci, letakkan barang-barang berharga pada tempat yang mudah diingat atau terlihat.

4. Buat daftar rutinitas sebagai pengingat

Lagi-lagi karena lupa, aktivitas yang sudah direncanakan bisa buyar. Menurut studi yang dikutip Boyes, menunjukkan bahwa daftar periksa sederhana adalah alat yang baik untuk pengaturan diri. Daftar periksa sederhana berisi rutinitas apa saja yang rencana akan dilakukan. Ini bisa membatu setiap aktivitas lebih terorganisasi dan enggak ada yang kelupaan.

5. Menyapa orang-orang terdekat

Baik rekan kantor maupun pasangan tercinta, biasakan untuk menyapanya dengan penuh perhatian. Sebuah penelitian dilakukan oleh John Gottman, ‘reuni’ harian adalah momen pentung untuk kesehatan hubungan secara keseluruhan.

Tutup Boyes, kebiasaan sederhana di atas sangat efektif. Sebab penelitian menunjukkan bahwa apa yang kita lakukan memengaruhi cara kita berpikir.