Pentingkah Memberi Pujian pada Pasangan? Dalam Hubungan yang Sehat, Begini Kata Ahli
Ilustrasi cara dan manfaat memberi pujian pada pasangan (Freepik/Lifestylememory)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Dalam hubungan yang sehat, pasangan diuji untuk mengatasi masalah dengan menghargai satu sama lain. Menghargai merupakan cara seseorang untuk memberikan perhatian secara positif.

Setiap orang mendambakan perhatian yang positif. Perhatian tersebut berkontribusi dalam merawat hubungan sehat. Hal-hal sederhana, misalnya mengantarkan buah hati ke sekolah setiap hari, perlu diapresiasi atau dihargai. Menurut Malini Bhatia, pendiri dan CEO Marriage.com dilansir Huffpost, seseorang perlu diapresiasi atas upaya yang mereka lakukan, termasuk hal kecil mengantarkan anak sekolah setiap hari. Kalau dirunut, mereka telah mengelola waktunya sehingga memasukkan aktivitas mengantar anak sebagai prioritas. Artinya upaya tersebut perlu dihargai atau diapresiasi.

Penghargaan, menurut Bhatia, adalah kunci untuk hubungan apapun. Menghargai seseorang dapat membuat mereka merasa senang dengan apa yang mereka lakukan. Ini membuat perubahan besar dalam hidup mereka. Kalau tidak memberikan penghargaan, pertengkaran kecil, emosi naik, jadi kurang terbuka, hingga tidak lagi antusias satu sama lain.

cara dan manfaat memberi pujian pada pasangan
Ilustrasi cara dan manfaat memberi pujian pada pasangan (Freepik/Drazen Zigic)

Lantas bagaimana cara menunjukkan penghargaan kepada pasangan? Berikut rekomendasi Bhatia.

1. Beri perhatian penuh dan jalin kontak mata

Ketika seseorang didengarkan ketika berbicara, ini merupakan sebuah penghargaan. Anda bisa memberikan perhatian kepada pasangan dengan cara ini. Jalin kontak mata ketika berbicara karena ini meyakinkan pasangan kalau Anda menghargai dan memperhatikan apa yang ia katakana.

2. Ucapkan terima kasih untuk hal-hal kecil

Kepada pasangan, ucapkan terima kasih untuk hal-hal kecil yang berpengaruh besar dalam kehidupan berpasangan. Hargai ia ketika membuatkan sarapan atau secangkir kopi pada pagi hari. Pastinya, hargai apapun yang menambah nilai pada hubungan Anda dan beri tahu pasangan Anda tentang hal tersebut secara teratur.

3. Akui apa yang Anda suka dari pasangan

Setiap orang memiliki kekurangan, dan kelebihan. Apa yang Anda sukai dari pasangan, perlu diekspresikan atau minimal diakui. Ini akan membantu hubungan menjadi lebih sehat dan sebaliknya, pasangan Anda akan menghargai sebagaimana Anda lakukan.

4. Beri pujian untuk hal sederhana

Pujian yang jujur akan lebih dihargai. Bahkan bisa membuat seseorang menjadi lebih percaya diri atau lebih berharga. Anda bisa memuji pasangan untuk hal sederhana, misalnya “Saya suka bagaimana kemeja biru membuat Anda terlihat tampan”.

Selain memberikan pujian, Anda juga perlu menikmati waktu bersama. Dengan bercanda atau membicarakan hal-hal sepele tentang aktivitas harian. Pastinya, menghargai pasangan merupakan wujud dari cinta.