5 Kebiasaan yang Bisa Bantu Lawan Penyakit pada Anak Secara Alami
Ilustrasi (Vidal Balielo Jr/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Mengajari anak kebiasaan sehat dapat membantu menyiapkan mereka untuk hidup sehat. Penting untuk melakukan ini sedini mungkin sebab anak-anak belajar dengan cepat.

“Anak-anak menghormati orang tuanya dan meniru banyak kebiasaan mereka, baik dan buruk. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk memberi contoh dan membuat pilihan yang sehat,” kata Jessica Yu, MD, dokter anak di Scripps Clinic Mission Valley, dilansir dari Scripps.org, Senin, 29 Januari.

Berikut beberapa tips untuk membantu anak mengembangkan kebiasaan sehat.

Konsumsi sayur dan buah 

Sayur dan buah, terutama yang mengandung vitamin C Vitamin C meningkatkan produksi sel darah putih yang melawan virus. Selain itu, konsumsi buah dan sayuran secara teratur juga akan melindungi si kecil dari penyakit kronis ketika dia dewasa.

Cukup tidur

Seperti orang dewasa, anak-anak yang kurang tidur juga akan lebih susah sembuh. Bayi baru lahir membutuhkan waktu tidur 18 jam sehari, balita perlu 12-13 jam, dan anak prasekolah perlu tidur 10 jam setiap hari.

Olahraga teratur 

Olahraga teratur bisa meningkatkan sel pembunuh kuman alami dalam tubuh. Agar anak menyukai kegiatan olahraga, ajak ia melakukannya bersama Anda, misalnya jalan kaki, bersepeda, atau berenang.

Mencuci tangan 

Mencuci tangan juga harus dijadikan kebiasaan sehat. Ajarkan anak mencuci tangan dengan sabun sebelum makan, atau setelah bermain, memegang hewan, dan memakai toilet. Kuman yang menempel di tangan bisa menimbulkan berbagai macam penyakit jika tidak segera dibersihkan.

Jauhkan anak dari asap rokok

Bila ada orang rumah yang merokok, minta dia tidak merokok di sekitar area rumah. Rokok mengandung lebih dari 4.000 toksin, yang bisa mengiritasi atau membunuh sel dalam tubuh. Jika Anda sebagai orang tua masih merokok, alangkah baiknya berhenti merokok dari sekarang demi kesehatan anak, ya.