Bagikan:

JAKARTA - Asosiasi Seniman Budaya Korea Selatan (The Cultural Artists Solidarity) akan menggelar konferensi pers mengenai mendiang Lee Sun Kyun. Mereka mendesak pihak berwajib untuk mengusut kasus sang aktor hingga rampung.

Sutradara Bong Joon Ho, musisi Yoon Jong Shin, aktor Lee Won Tae, aktor Choi Deok Moon akan hadir dalam konferensi pers tersebut. Para pimpinan asosiasi juga dikonfirmasi hadir dalam acara.

Mereka akan menggelar acara berjudul “Tuntutan Seniman Budaya Menghadapi Kematian Mendiang Lee Sun Kyun” yang nantinya diselenggarakan pada 12 Januari di Junggu, Seoul.

Konferensi ini akan dipandu oleh Jang Won Seok, CEO dari BA Entertainment sekaligus produser film yang memproduseri beberapa film yang dibintangi Lee Sun Kyun seperti Crime City.

“Atas kasus kematiannya, kami setuju hal seperti ini tidak boleh terulang, dan mendesak otoritas untuk melakukan investigasi untuk kebenaran, meminta media untuk melakukan usaha refleksi dan menghapus artikel yang tidak sesuai dengan tujuan pelaporan,” begitu pernyataan mereka mengutip SPOTV pada hari ini, Selasa, 9 Januari.

“Dan juga menuntut revisi undang-undang untuk melindungan hak asasi para pelaku budaya. Kami berencana untuk mengajukan hal itu,” katanya.

Asosiasi ini terdiri dari 29 organisasi yang bergerak di bidang budaya dan seni. Sejumlah pelaku hiburan yang hadir merupakan teman baik dari aktor Lee Sun Kyun.

Lee Sun Kyun meninggal dunia pada 27 Desember 2023 di dalam mobil di sebuah taman. Ia ditemukan setelah polisi menerima laporan dari Jeon Hye Jin ketika mengetahui suaminya hilang.

Kejadian tragis ini terjadi ketika Lee Sun Kyun terjerat kasus penggunaan narkoba dan pemerasan. Ia melakukan pemeriksaan tiga kali dan mendapat hasil negatif namun ia terus dilibatkan karena namanya disebut salah satu oknum.