Menang Berkat Oppenheimer, Christopher Nolan Kenang Heath Ledger di Golden Globes
Christopher Nolan (Universal)

Bagikan:

JAKARTA - Christopher Nolan akhirnya mendapatkan penghargaan Best Director di Golden Globes berkat film Oppenheimer. Film ini menandai penghargaan Globe pertama Nolan setelah sempat memperoleh nominasi sebanyak tiga kali.

Nolan sebelumnya mendapat nominasi tersebut untuk film Memento (2000), Inception (2010), dan Dunkirk (2017). Namun, kemenangannya baru diperoleh berkat Oppenheimer yang diirlis pada tahun 2022.

Nolan bersaing dengan Bradley Cooper (Maestro), Greta Gerwig (Barbie), Yorgos Lanthimos (Poor Things), Martin Scorsese (Killers of the Flower Moon), dan Celine Song (Past Lives).

Ketika menerima piala tersebut, Christopher Nolan mengenang saat ia mewakili mendiang Heath Ledger.

“Satu-satunya saya berada di panggung ini sebelum menerima piala ini adalah mewakili teman tersayang kami, Heath Ledger, dan itu sangat rumit dan menantang bagi saya,” kata Christopher Nolan pada hari ini, Senin, 8 Januari.

“Saya sempat tertahan, dan Robert Downey Jr. melihat mata saya dan memandang saya dengan cinta dan dukungan - pandangan yang sama seperti sekarang,” katanya.

“Saya rasa sangat mudah menerimanya untuk diri saya. Tapi sebagai sutradara, saya sadar saya hanya bisa menerima ini mewakili orang-orang. Sebagai sutradara, kita mencoba membawa semuanya bersama dan mencoba memberikan mereka yang terbaik,” lanjutnya.

Christopher Nolan kemudian menyebut seluruh pemain Oppenheimer termasuk pemeran utamanya, Cillian Murphy yang ia sebut sebagai “Partner saya untuk 20 tahun.”

Cillian Murphy yang kemudian menerima penghargaan Lead Actor in a Drama menyebut Nolan, “Terima kasih sudah percaya dengan saya selama 20 tahun.”

Oppenheimer menerima delapan nominasi, film kedua dengan nominasi terbanyak dalam penyelenggaran Golden Globes 2024.