Kabar Duka dari Bintang <i>Mary Poppins</i>, Glynis Johns Meninggal di Usia 100 Tahun
Glynis Johns (Disney)

Bagikan:

JAKARTA - Aktor asal Inggris Glynis Johns meninggal dunia pada usia 100 tahun. Kabar kepergian bintang Mary Poppins itu dikonfirmasi oleh manajer Mitch Clem pada hari ini, Jumat, 5 Januari.

“Glynis menjalani hidupnya dengan kecerdasan, kecerdasan, dan kecintaan pada pertunjukan, memengaruhi jutaan nyawa,” kata Clem dalam sebuah pernyataan mengutip Variety.

“Dia masuk ke hidup saya di awal karier saya dan menetapkan standar yang sangat tinggi dalam menavigasi industri ini dengan anggun, berkelas, dan jujur. Cahayanya bersinar sangat terang selama 100 tahun. Dia memiliki kecerdasan yang dapat menghentikan langkah Anda, didukung oleh hati yang mencintai secara mendalam dan murni,” lanjutnya.

“Hari ini adalah hari yang suram bagi Hollywood. Kami tidak hanya berduka atas meninggalnya Glynis yang kami sayangi, tetapi kami juga berduka atas berakhirnya zaman keemasan Hollywood,” katanya.

Glynis Johns menjadi aktor di Inggris lebih dari 20 tahun ketika ia dipilih menjadi salah satu pemeran dari adaptasi novel Mary Poppins. Setelah berkarier di Inggris, ia mulai tampil di beberapa produksi film Amerika, salah satunya The Ref pada tahun 1994.

Ia juga berperan dalam film While You Were Sleeping tahun 1995 yang diperankan Sandra Bullock dan Bill Pullman.

Kredit akting terakhirnya adalah film Superstar di tahun 1999 di mana ia berperan sebagai Nenek.

Lahir di Pretoria, Afrika, Glynis Johns tumbuh sebagai bintang teater pada usia tiga minggu ketika ia dibawa oleh neneknya di teater London. Ia memulai debut akting di South Riding pada tahun 1938. Karakter suaranya yang husky membuat suaranya khas dan mudah diidentifikasi.

Ketika ia membintangi Mary Poppins, film ini menjadi kebanggaan Walt Disney ketika film ini menjadi satu-satunya film Johns yang mendapat nominasi Best Picture.

Glynis Johns menikah empat kali selama hidupnya. Pernikahan pertama adalah Anthony Forwood, kemudian David Ramsey Foster, lalu Cecil Henderson, dan Elliot Arnold. Seluruh suaminya sudah meninggal dunia.

Johns menjadi nominator Academy Award tertua yang masih hidup setelah Olivia de Havilland meninggal di tahun 2020.

Ia menjalani masa pensiunnya di Amerika Serikat. Johns meninggal secara alamiah di rumahnya di Los Angeles pada 4 Januari pada usia 100 tahun. Ia meninggalkan anaknya, Thomas Forwood yang merupakan seorang penulis dan sutradara.