Bagikan:

JAKARTA - Aktris legenda, Gena Rowlands meninggal dunia pada Rabu, 14 Agustus di kediamannya di Indian Wells, Calif. Kabar ini dibenarkan oleh agen dari anaknya, Nick Cassavetes menjelaskan sang ibu mengidap alzheimer sebelum pergi untuk selama-lamanya.

Gena Rowlands memulai kariernya di panggung Broadway ketika ia membintangi sejumlah panggung. Kemudian ia menandai aktingnya dalam film dengan The High Cost of Loving pada tahun 1958.

Lahir dengan nama Virginia Cathryn Rowlands di Madison, Wisc. Rowlands sempat bersekolah di Wisconsin sebelum memilih keluar untuk belajar di American Academy of Dramatic Arts. Dia menikah dengan John Cassavetes dan bekerja sama untuk beberapa film.

Ia berkolaborasi dengan John Cassavetes dalam 10 film, di antaranya Faces (1968), Minnie and Moskowitz (1971), Opening Night (1977), dan Love Streams (1984). Selain itu, Rowlands juga bekerja sama dengan beberapa sutradara kenamaan lainnya seperti Paul Mazursky, Paul Schrader, dan Woody Allen.

Dari segi pertelevisian, Gena Rowlands juga mendapat kesuksesan seperti memenangkan tiga dari delapan nominasi Emmy Awards untuk The Betty Ford Story (1987), Face of a Stranger (1992), dan Hysterical Blindness (2003).

Ia aktif berakting dalam sejumlah film, seperti The Notebook, Paris Je T’aime, Yellow dan masih banyak lainnya. Pada tahun 2015, ia mengungkap dirinya sudah pensiun dari dunia akting.

Kredit akting terakhirnya adalah film Parts Per Billion pada tahun 2014 dan Dancing for Six Weeks bersama Joshua Jackson.

Gena Rowlands meninggalkan tiga orang anak dan suami kedua, Robert Forrest yang mana mereka menikah pada tahun 2012. Gena Rowlands meninggal pada usia 94 tahun.