Agensi Konfirmasi Moonbin ASTRO Meninggal Dunia, Ditemukan Manajer di Rumah
Moonbin ASTRO (Instagram @moon_ko_ng)

Bagikan:

JAKARTA - Kabar duka datang dari industri K-pop. Moonbin ASTRO dikabarkan meninggal dunia pada Rabu, 19 April 2023. Kabar ini dikonfirmasi oleh agensi yang menaunginya, Fantagio, beberapa jam setelah kabar beredar.

Sebelumnya, kepolisian Seoul Gangnam melaporkan Moonbin ditemukan tidak bernyawa di kediamannya pukul 20.10 waktu Korea Selatan. Sang manajer adalah orang pertama yang menemukannya dan langsung menghubungi pihak kepolisian.

Polisi menduga Moonbin mengakhiri hidupnya dan mereka sedang mempertimbangkan autopsi untuk mengetahui penyebab meninggalnya.

Beberapa jam kemudian, Fantagio merilis pernyataan berisi pernyataan mengenai artis mereka sekaligus informasi yang berkaitan.

“Pertama, kami minta maaf karena menyampaikan kabar duka ini. Pada 19 April, member ASTRO Moonbin pergi meninggalkan kita secara tiba-tiba dan menjadi bintang di langit,” begitu pernyataan Fantagio melalui media sosial.

“Ini tidak bisa dibandingkan dengan rasa duka yang dirasakan keluarga karena mereka berpisah dengan anak dan saudara tercinta, staf dan para artis di Fantagio yang bersama dengannya untuk waktu yang panjang juga berduka atas kepergian yang mengejutkan,” lanjut mereka.

“Ini menyakitkan kami untuk menyampaikan kabar duka kepada penggemar yang memberi cinta dan dukungan kepada Moonbin. Karena kita semua tahu bagaimana tidak tertandingi Moonbin yang pergi dalam cinta kepada penggemar yang ia terus pikirkan,” katanya.

“Atas keluarga yang berduka karena tragedi ini, untuk menghormati kepergian dan mengucapkan selamat tinggal, kami memohon kepada Anda untuk menahan diri dari memberi laporan spekulatif atau komentar jahat,” ujar agensi tersebut.

“Sesuai dengan keinginan keluarga yang ditinggalkan, pemakaman akan digelar dengan tenang bersama keluarga, teman-teman terdekat, dan kolega agensi. Sekali lagi, kami menyampaikan duka cita kami yang mendalam sebagaimana ia pergi ke jalan terakhirnya,” tutup agensi.

Beberapa jam sebelum kabar duka, Moonbin dalam sub-unit ASTRO Moonbin & Sanha dikonfirmasi tampil dalam acara Dream Concert 2023.

Selain itu, promotor Lumina Entertainment mengumumkan batalkan FANCON ASTRO Moonbin & Sanha bertajuk Diffusion di Jakarta. Promotor menjelaskan pembatalkan dikarenakan situasi yang tidak dapat dikendalikan. Kabar ini disampaikan beberapa jam sebelum Moonbin dikabarkan meninggal dunia.

Tentang Moonbin

Lahir pada 26 Januari 1998, Moonbin adalah penyanyi sekaligus aktor yang bergabung dengan grup K-pop ASTRO. Sebelum berkarier sebagai idol, ia tampil perdana dalam video musik grup TVXQ berjudul Balloons pada tahun 2006. Ia juga berakting sebagai karakter muda Kim Bum dalam drama Boys Over Flowers.

Sebagai aktor cilik, ia mulai melakukan training di Fantagio dan debut bersama ASTRO pada tahun 2016. Sejak itu ia memperluas kariernya sebagai idol namun juga melebarkan sayap ke dunia akting dan variety.

Perannya mendapat apresiasi kala ia menjadi Jung Oh Je lewat drama Moment of Eighteen. Ia juga berakting dalam The Mermaid Prince serta Soul Plate. Kemudian ia dipercaya memandu acara musik Show Champion, Food Avengers, Saturday Night Live Korea, serta beberapa konser.

Pada tahun 2020, ia membentuk sub-unit pertama ASTRO bersama Sanha. Mereka debut dengan album mini In-Out. Lewat debut tersebut, mereka meraih piala pertama dari The Show dan menjadikan mereka sub-unit tercepat yang meraih kemenangan di acara musik.

Tahun 2022 lalu, ia bersama lima member ASTRO lainnya memperpanjang kontrak dengan Fantagio sekaligus berencana memulai tur Asia untuk sub-unit.

Moonbin ASTRO meninggal dunia pada usia 25 tahun.