Selamat, Robert Downey Jr Menang Oscar Pertama Kali Berkat Oppenheimer
Oppenheimer

Bagikan:

JAKARTA - Robert Downey Jr. berhasil meraih Oscar pertama berkat film Oppenheimer. Robert mengalahkan sejumlah aktor yang dinominasikan di Oscar untuk aktor pendukung bersama Sterling K. Brown (American Fiction), Robert De Niro (Killers of the Flower Moon), Ryan Gosling (Barbie) dan Mark Ruffalo (Poor Things).

Bersaing dengan sejumlah aktor ternama lainnya, Robert untuk pertama kalinya bisa membawa piala Oscar ke rumah setelah tiga kali masuk nominasi. Dia berterima kasih pada masa kecilnya atas pencapaian tersebut.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada masa kecil saya yang buruk dan Akademi secara berurutan,” kata Robert sambil melontarkan candaan, dilansir Variety, Senin, 11 Maret.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada dokter hewan saya maksud istri saya, Susan Downey yang ada di sana. Dia mencarikanku hewan peliharaan penyelamat yang menggeram dan kau mencintaiku hingga hidup kembali. Itu sebabnya saya di sini," sambungnya.

Dalam pidato kemenangannya, dia juga mengucapkan terima kasih kepada kolaborator Oppenheimer, termasuk sutradara Nolan, produser Emma Thomas dan lawan mainnya serta sesama nominasi Oscar Cillian Murphy dan Emily Blunt.

Robert Downey Jr. meraih kemenangan pertama Oscar sebagai Pemeran Pendukung Terbaik lewat karya sutradara Christopher Nolan. Dia berperan sebagai Lewis Strauss dan beradu akting dengan Cillian Murphy.

“Inilah rahasia kecilku. Saya membutuhkan pekerjaan ini lebih dari yang membutuhkan saya. Kris mengetahuinya. Emma memastikan bahwa dia mengelilingi saya dengan salah satu pemain dan kru terhebat sepanjang masa, Emily, Cillian. Itu luar biasa. Dan saya berdiri di sini di hadapan Anda sebagai pria yang lebih baik karenanya,” ujarnya.

“Apa yang kami lakukan sangat berarti, dan hal-hal yang kami putuskan adalah hal yang penting," sambungnya.

Robert Downey Jr. mendominasi acara penghargaan musim ini dengan pidato penerimaannya yang karismatik. Dia tercatat memenangkan ajang Golden Globes, Critic’s Choice Awards, SAG Awards, dan BAFTA Film Awards.

Kemenangan Robert di ajang Oscar ini menjadi yang pertama kali bagi kariernya. Sebelumnya, dia pernah dinominasikan Oscar sebagai Aktor Terbaik untuk film Chaplin tahun 1993.

Kemudian tahun 2009 dia kembali masuk nominasi Oscar sebagai Aktor Pendukung Terbaik lewat film Tropic Thunder. Sayangnya dari dua nominasi tersebut, dia baru berhasil meraih kemenangan lewat Oppenheimer.