Terima Oscar Berkat Film Oppenheimer, Cillian Murphy: Ini Perjalanan Paling Liar
Cillian Murphy (Instagram/cillianmurphyofficial)

Bagikan:

JAKARTA - Cillian Murphy menang piala Oscar pertamanya berkat film Oppenheimer. Murphy mengalahkan sejumlah nama besar di kategori Aktor Terbaik, seperti Bradley Cooper untuk Maestro, Colman Domingo untuk Rustin, Paul Giamatti untuk The Holdovers dan Jeffrey Wright untuk American Fiction.

Film Oppneheimer menandai kolaborasi keenam Murphy dan Nolan, hubungan kerja yang berlangsung hampir 20 tahun dan mencakup film-film seperti trilogi Batman karya Nolan, Inception, dan Dunkirk.

Dalam film Oppenheimer, Murphy berperan sebagai J. Robert Oppenheimer, ahli fisika teoretis dan bapak bom atom, karya Christopher Nolan. Kemenangan pertama ini membuatnya bangga akan pencapaian itu.

“Ini merupakan perjalanan paling liar, paling menggembirakan, dan paling memuaskan secara kreatif yang pernah Anda (staf) lakukan selama 20 tahun terakhir. Saya berhutang budi lebih dari yang bisa saya katakan,” katanya dalam pidato kemenangan di YouTube Oscar, Senin, 11 Maret.

“Terima kasih banyak (kepada) setiap anggota kru, setiap anggota pemeran di Oppenheimer, kalian mendukung saya. Semua rekan nominasi saya, saya tetap kagum pada kalian. Sungguh-sungguh," tambahnya.

Aktor tersebut juga mengucapkan terima kasih kepada anaknya yang juga hadir di malam bersejarah itu. Dia juga mengaku bangga sebagai orang Irlandia yang memenangkan Oscar tahun ini.

“Kedua putra saya yang duduk di atas sana, saya sangat mencintaimu, dan saya adalah orang Irlandia yang sangat bangga berdiri di sini malam ini," ujarnya.

Murphy juga mendedikasikan kemenangannya di atas panggung untuk mereka yang memperjuangkan perdamaian.

“Kami membuat film tentang orang yang menciptakan bom atom, dan baik atau buruk, kita semua hidup di dunia Oppenheimer, jadi, saya ingin mendedikasikan film ini kepada para pembawa perdamaian di mana pun," pungkasnya.