Bagikan:

JAKARTA - Taylor Swift mengenang momen ketika kariernya nyaris hancur karena permasalahan pribadi. Secara terbuka, ia mengatakan konflik dengan Kanye West pada tahun 2016.

Saat itu, Kanye West merilis video musik dan lagu Famous dengan berisi lirik "I feel like me and Taylor might still have s*. Why? I made that b* famous.” Setelah lagunya dirilis, Swift mengaku tidak pernah tahu lirik tersebut.

Kanye West dan mantan istrinya, Kim Kardashian mengklaim Taylor Swift mengetahui bagian itu. Kim merilis video Taylor dan Kanye berbicara di telepon di mana Taylor seakan setuju dengan penempatan lirik tersebut.

Kemudian, penggemar Taylor Swift mengungkap bahwa video itu diedit oleh Kim Kardashian dan membagikan bukti-buktinya, karena Swift tidak tahu lirik apa yang ingin ditaruh Kanye West dalam lagunya.

Melalui wawancara TIME, Taylor Swift menyebut konflik itu membuat kariernya nyaris hancur dan dirinya semakin tertekan.

“Itu adalah rekaman telepon yang ilegal, yang Kim Kardashian edit dan dirilis untuk membuat orang menganggap saya pembohong,” kata Taylor Swift.

“Karier saya seakan diambil dari saya.. Saya berpikir momen itu menentukan saya secara negatif sepanjang hidup saya,” lanjutnya.

Pernyataan itu dibuat lantaran saat itu ia mendapat kecaman negatif di media sosial mengingat banyak orang yang lebih berpihak kepada Kanye West. Taylor kemudian memilih untuk pindah ke negara lain dan memilih tidak banyak keluar rumah.

“Ini mempengaruhiku secara psikologi hingga saya pergi ke tempat yang belum pernah saya lihat. Saya pindah ke negara lain. Saya tidak keluar dari rumah selama setahun. Saya takut menerima telepon,” lanjut Swift.

“Saya mengusir banyak orang di hidup saya karena saya tidak percaya siapa-siapa. Saya merasa sangat tertekan,” katanya.

Setahun kemudian, Taylor Swift merilis album Reputation dan membuktikan bahwa dirinya bukan seperti yang orang katakan.

“Saya juga belajar bahwa tidak ada poin untuk mencoba melawan musuh Anda. Sampah selalu keluar dengan sendirinya,” katanya.

Tahun 2020, kelompok penggemar Taylor Swift merilis rekaman asli yang tidak diedit. Video itu menampilkan Kanye yang memberi tahu Swift bagian lirik Famous yang lain.

Taylor Swift menerima penghargaan Person of the Year dari TIME dan menjadi wanita pertama yang mendapat apresiasi untuk kedua kalinya. Eksistensinya di dunia musik dan film membuktikan Swift menjadi salah satu seniman yang berpengaruh.