Review Film <i>La Luna</i> (2023): Komedi Satir yang Penuh Isi!
Sharifah Amani (CBI Pictures)

Bagikan:

JAKARTA - Film La Luna dari sutradara M. Raihan Halim menjadi karya terbaru asal Malaysia yang dirilis di Indonesia. Film ini juga dibintangi dua aktor asal Malaysia, Shaheizy Sam dan Sharifah Amani.

Ramai di internet, film La Luna mendulang ulasan positif sejak tayang reguler di Malaysia dan Singapura. Kini, film ini tayang di Indonesia dan tersedia untuk disaksikan oleh masyarakat yang merindukan tontonan komedi.

La Luna menceritakan Kampung Bras Basah, sebuah desa yang dianggap suci karena warganya sangat mengikuti aturan. Suatu hari, kehidupan mereka tergoncang setelah wanita bernama Hanie (Sharifah Amani) datang dan membuka toko pakaian dalam perempuan.

Kehadiran Hanie dan toko barunya membuat masyarakat terkejut sekaligus penasaran. Di sisi lain, ada pihak yang menganggap Bras Basah menjadi tercoreng lantaran kehadiran La Luna.

Film La Luna tampil dengan desain visual yang memanjakan mata dan pengambilan adegan yang segar. Pemilihan warnanya juga menghighlight keberadaan La Luna dengan warna tosca dan kuning mengisyaratkan ketegasan, keramahan, serta kenyamanan.

Ceritanya berkaitan dengan isu sensitif terutama hal ini berkaitan dengan agama dan ajarannya. Menariknya, M. Raihan Halim mengurainya dalam bentuk komedi serta naskah yang penuh sentilan.

Permasalahan itu juga berkaitan dengan wanita yang ada di kampung seperti idealisme, rumah tangga, serta membicarakan seksual dan percintaan. Semua itu juga dibungkus dengan isu bagaimana agama seringkali digunakan untuk mengatur perempuan dalam bersikap. Raihan Halim mengemasnya dalam keceriaan namun transisinya ke bagian serius juga terasa mulus.

Ceritanya bisa dibilang sangat dekat dengan kita sebagai masyarakat Indonesia. Akan tetapi di balik isu yang cukup berat, komedinya tetap tersampaikan sehingga penonton terus menikmati mengikuti permasalahan tersebut.

Departemen aktingnya juga solid berkat ekspresi setiap pemain yang mendukung jalanan ceritanya. Mulai dari aksi tikus-kucingnya Salihin (Shaehizy Sam) dan Hanie hingga aksi si Enah (Farah Ahmad) yang punya keresahan rumah tangga. Tapi secara keseluruhan, semua karakter bersinar dengan peran mereka masing-masing.

Sharifah Amani (CBI Pictures)

Penempatan musik dalam film ini juga terasa pas sehingga membuat penonton semakin hanyut dalam komedinya. Beberapa adegan sukses membuat tidak berhenti karena sangat terhubung dengan kita terutama para wanita.

Film La Luna adalah salah satu sajian komedi dalam layar lebar yang terbaik. Filmnya bermoral tapi tak menggurui dan film ini sangat layak ditonton oleh siapapun.

Adapun film La Luna tayang mulai hari ini, Rabu, 6 Desember 2023 di Indonesia.