Review Film <i>Enola Holmes 2</i>: Sekuel yang Penuh Isi dan Manis
Enola Holmes (Alex Bailey/Netflix)

Bagikan:

JAKARTA - Sutradara Harry Bradbeer kembali dengan sekuel Enola Holmes. Film terbaru ini masih dibintangi Millie Bobby Brown dengan eksplorasi cerita yang lebih menyenangkan dari bagian pertama.

Film pertamanya ditonton lebih dari 76 juta kali dalam waktu satu bulan. Antusiasme penonton membawa Netflix untuk melanjutkan kisah yang diadaptasi dari novel karya Nancy Springer.

Tak sendiri, Millie Bobby Brown kembali beradu peran dengan Henry Cavill, Helena Bonham Carter, Louis Partridge, Adeel Akhtar, Susie Wokoma, serta beberapa pemain baru seperti Sharon Duncan-Brewster, David Thewlis, Hannah Dodd, dan lainnya.

Pada bagian pertama, penonton diperkenalkan dengan sosok Enola Holmes yang tidak pernah mendapat sorotan dibandingkan saudaranya, Sherlock Holmes. Bagian kedua pun masih menyorot Enola dengan premis berbeda.

Enola Holmes 2 menceritakan kelanjutan hidup Enola (Millie Bobby Brown) setelah menyelesaikan kasus pertama. Ia mendirikan sebuah agensi detektif untuk menyelesaikan kasus.

Seiring waktu, Enola mulai ragu dengan pilihannya. Pasalnya, tidak sedikit yang meremehkan detektif perempuan di era tersebut. Enola pun menutup kantor detektifnya dan bergegas pulang.

Di tengah membereskan kantor, seorang perempuan bernama Bessie Chapman (Seranna Su-Ling Bliss) yang meminta bantuan kepada Enola. Kakaknya hilang di satu malam tanpa meninggalkan jejak.

Enola menunda penutupan kantor dan memilih untuk membantu Bessie mencari kakaknya. Di sisi lain, Enola tidak mau Sherlock Holmes (Henry Cavill) mengetahui kasus yang ia sedang jalani.

Sekali lagi, berbeda dengan film pertamanya - Enola Holmes 2 hadir dengan pace lebih cepat. Perjalanan Enola mendalami kasus langsung berjalan dengan sejumlah karakter.

Beberapa karakter lama juga masih menjadi hubungan dalam film ini. Oleh karena itu, penonton yang belum menyaksikan bagian pertama mungkin kesulitan menyambungkan sub cerita antara satu karakter dengan lainnya.

Ada banyak yang dikembangkan dalam bagian kedua, salah satunya hubungan antara Enola dengan Viscount Tewkesbury (Louis Partridge). Kali ini mereka jauh lebih romansa dengan chemistry yang manis.

Selain itu kasus yang disajikan dalam Enola Holmes 2 cukup pelik. Teka-teki dan aksi kejar-kejaran sana sini terasa intens sejak awal belum lagi didukung dengan editing dan visual yang menarik.

Sherlock yang sejatinya menjadi karakter pendukung justru mendapat porsi lebih banyak di bagian sekuel. Bukan sekadar tempelan, kasus Sherlock juga membuat karakternya terasa seperti detektif.

Sebuah isu penting yang juga kejadian nyata menjadi benang merah di Enola Holmes 2. Hal ini membuat bobot penceritaan jauh lebih berisi namun sangat penting untuk disampaikan.

Enola Holmes 2 berhasil menyajikan aksi detektif yang berbeda dari sebelumnya dengan perkembangan karakter yang mempesona. Film Enola Holmes 2 tayang di Netflix pada hari ini, Jumat, 4 November pukul 14.00 WIB.