Dian Sastrowardoyo Jadi Antisosial Demi Serial <i>Gadis Kretek</i>
Dian Sastrowardoyo (Netflix Indonesia)

Bagikan:

JAKARTA - Dian Sastrowardoyo menceritakan beberapa perjuangannya dalam menghidupkan karakter Dasiyah dalam serial Gadis Kretek. Ia mendapat tantangan yang membuatnya jauh dari kepribadiannya sehari-hari.

Gadis Kretek mengisahkan Lebas (Arya Saloka) yang diminta sang ayah untuk mencari sosok di masa lalu, Dasiyah (Dian Sastrowardoyo). Lebas dibantu oleh Arum (Putri Marino) dan rahasia di antara mereka mulai terkuak. Serial ini diadaptasi dari novel berjudul sama dari Ratih Kumala.

“Untuk peran Dasiyah, aku banyak dapat arahan dari Kamila Andini secara spesifik. Rancangan beliau jauh dari saya sebenarnya, tapi ini kesempatan untuk eksplor dari cara bicara, ekspresi, gestur tubuh,” cerita Dian Sastrowardoyo dalam konferensi pers pada hari ini, Rabu, 1 November.

“Saya pernah memerankan karakter period tapi baru ini yang berbeda. Saya berhenti bersosialiasi, bertemu teman-teman selama 6 bulan, Saya berhenti dengerin musik modern cuma gamelan,” lanjutnya.

Dian menjelaskan, proses untuk syutingnya memang mudah tapi yang menyulitkan adalah proses mendalami karakternya. Terlihat sama, namun Dian rela mengubah gaya hidupnya demi karakter baru ini.

“Prosesnya lancar dan gak ada kesulitan cuma memang masuk ke karakternya gak gampang. Perlu kesabaran. Aktor banyak kerja sendiri selain acting coach, tapi di rumah itu banyak melakukan sendiri,” kata Dian.

“Jadi aku bikin alokasi berapa jam untuk fokus nulis tangan karena Dasiyah gak banyak ngobrol tapi banyak nulis,” katanya lagi.

Dian Sastrowardoyo juga tidak berolahraga lari atau tenis seperti rutinitasnya demi membangun pribadi yang antisosial. Kesulitan itu ia rasakan karena ia adalah seseorang yang sangat suka bersosialisasi.

“Sulit karena aku orangnya suka hangout tapi aku belajar bahwa aktor itu budaknya karakter. Memang kita harus ikhlasin aja,” kata Dian lagi.

“Dasiyah itu segitu tenangnya, dia jarang ngedip jadi aku belum tahu caranya gimana. Kayaknya di satu poin, aku senang mendapat kesempatan ini,” lanjut Dian Sastrowardoyo.

Serial Gadis Kretek bisa disaksikan di Netflix pada 2 November 2023 secara global.