Apa Itu Centenarian? Ini Pengertian, Rahasia, dan Tips yang Bisa Dilakukan
Ilustrasi Centenarian Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Pernahkah Anda mendengar istilah centenarian? Istilah tersebut secara umum merujuk pada seseorang yang telah hidup lebih dari 100 tahun dengan kesehatan tetap terjaga. Untuk mengetahui apa itu centenarian simak artikel berikut ini.

Apa Itu Centenarian

Dikutip dari situs Data Driven Detroit, centenarian didefinisikan sebagai seseorang yang memiliki usia lebih dari 100 tahun. Pengertian ini tentu saja merujuk pada arti kata centenarian secara umum. Hal serupa juga dikatakan dalam dictionary, bahwa centenarian diartikan sebagai seseorang yang usianya telah mencapai 100 tahun.

Hingga saat ini belum bisa dipastikan faktor apa yang menyebabkan seseorang bisa hidup selama 100 tahun dan masuk dalam kategori centenarian. Namun keberadaan centenarian tersebar di berbagai negara.

Selain belum bisa diprediksi, presentase gender centenarian juga tidak bisa ditebak. Namun dalam situs statista disebut bahwa perempuan yang bisa hidup lebih lama dibanding pria memicu jumlah perempuan usia 100 tahun akan lebih banyak dibanding pria dengan usia yang sama.

Diperkirakan di tahun 2100 akan ada kurang lebih 15 juta perempuan centenarian dibanding dengan laki-laki yang hanya berjumlah 6 juta.

Rahasia Centenarian

Dikutip dari Antara, 31 Oktober, tim peneliti China berhasil menemukan adanya mikrobioma di usus centenarian yang menyerupai mikrobioma pada usus orang dewasa muda. Keberadaan mikrobioma itu bisa jadi rahasia centenarian.

Dalam penelitian tersebut para peneliti dari Universitas Lanzhou dan Akademi Ilmu Pengetahuan Guangxi mempelajari mikrobioma usus yang diambil dari 1.575 orang usia 20 sampai 117 tahun, termasuk di dalamnya sebanyak 297 orang usia 100 tahun ke atas. Partisipan sendiri adalah penduduk Guangxi, China yang dikenal sebagai Kota Asal Usia Panjang karena punya banyak penduduk centenarian.

Dalam penelitian, para partisipan dibagi jadi lima kelompok usia mulai dari dewasa muda, paruh baya, dewasa tua, nonagenarian atau usia 90-99 tahun, dan centenarian.

hasilnya, dalam penelitian yang diterbitkan di jurnal Nature Aging dikatakan bahwa ciri khas mikrobioma usus yang ditemukan di centenarian punya struktur mikrobioma yang mirip dengan mikrobioma di usus orang dewasa muda. Mikrobioma pada centenarian dan orang dewasa muda sama-sama didominasi Bacteroides spp.

Para peneliti juga mempertanyakan bagaimana mikrobioma membantu centenarian untuk bertahan dari penyakit kronis yang berkaitan dengan penuaan.

Tips Hidup Agar Menjadi Centenarian

Meski belum bisa diketahui secara pasti bagaimana cara menjadi centenarian, banyak tips yang beredar di berbagai media baik yang diberikan centenarian atau hasil dari penelitian. Beberapa tips yang bisa diikuti adalah sebagai berikut.

  1. Bergerak Secara Alami Tanpa Berpikir

Para centenarian ternyata tak melakukan gym atau olahraga lain yang dilakukan secara terstruktur. Gaya hidup yang mereka lakukan adalah dengan bergerak setiap hari seperti mengembala kambing di gunung, atau merawat kebun. Mereka bergerak secara natural di area rumah dan tidak melakukan gym.

  1. Menghindari Stress

Stres memang punya efek yang cukup berbahaya. Kondisi stress juga berdampak pada usia. Oleh karena itu disarankan agar pandai mengelola stres sehingga tidak terbebani oleh apapun.

  1. Makan Tidak Berlebihan

Banyak pula centenarian yang makan secukupnya, yakni pada sore hari dan berhenti setelah kurang lebih 80 persen perut terisi. Kondisi tersebut berdampak padaberat badan yang stabil dan tubuh tetap sehat.

Itulah informasi terkait apa itu centenarian. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.