Rahasia Merawat Kulit Kepala Tetap Sehat, Rambut Pun Berkilau
Rahasia merawat kulit kepala (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Tak hanya kesehatan rambut yang perlu diperhatikan. Kulit kepala pun wajib mendapatkan perawatan. Kondisi kulit kepala sangat berpengaruh pada kesehatan rambut secara menyeluruh. 

Itulah mengapa penting untuk selalu menjaga kesehatan kulit kepala, bukan hanya rambut saja. Perawatan kulit kepala bertujuan untuk mencegah penyakit kulit dan di area tersebut dan masalah pada rambut. 

Ketika kulit kepala dalam kondisi sehat, rambut dapat tumbuh dengan baik, menjadi halus, dan terhindar dari ketombe. Ada beberapa rahasia merawat kulit kepala yang wajib Anda tahu. 

Tips Merawat Kulit Kepala agar Sehat

Kulit kepala yang sehat bisa dilihat dari beberapa indikator atau ciri-ciri. Beberapa tanda kulit kepala sehat, di antaranya tidak ada rasa gatal, tidak berjerawat, tidak berwarna kemerahan, rambut tidak rusak atau rontok, dan sebagainya. 

Bagi Anda yang menginginkan kulit kepala sehat, berikut ini rahasia menjaga kulit kepala tetap sehat:

Jangan Menggaruk Kulit Kepala

Salah satu kebiasaan yang perlu Anda perhatikan untuk menjaga kulit kepala adalah hindari menggaruknya. Kebiasaan menggaruk kulit kepala dapat menyebabkan kulit berdarah hingga rambut rontok. Apabila Anda memiliki psoriasis di kulit kepala, kebiasaan tersebut bisa memperparah kondisinya. 

Seringkali orang-orang secara tidak sadar kerap menggaruk kulit kepala saat terasa gatal. Jika Anda merasakan gatal, sebaiknya keramas menggunakan produk perawatan yang tepat supaya kembali bersih dan nyaman. 

Memakai Produk Perawatan Rambut yang Cocok

Tips selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah memakai produk perawatan rambut. Disarankan untuk memilih produk hair care yang bersifat lembut. Hindari menggunakan produk yang mengandung sulfat, alkohol, dan kandungan lainnya yang dapat membahayakan kulit kepala. 

Selain itu, Anda juga perlu menghindari produk perawatan rambut yang memiliki kandungan bahan kimia keras. Kandungan kimia keras berupa pewarna atau pemutih bisa menimbulkan kerusakan pada kulit kepala dan rambut. 

Menggunakan Scalp Massager saat Keramas

Cara berkeramas juga perlu diperhatikan untuk merawat kulit rambut Anda. Seringkali orang keramas dengan cara asal-asalan yang penting rambut basah dan berbusa. Padahal teknik keramas juga mempengaruhi kondisi kulit kepala dan rambut Anda. 

Jangan keramas dengan menggaruk kulit kepala secara keras menggunakan jari. Sebaiknya lakukan keramas dengan cara memijat lembut kulit kepala supaya sirkulasi darahnya meningkat. Tips ini juga berguna untuk mencegah terjadinya lecet pada kulit kepala. 

Selain itu, disarankan juga untuk memakai scalp messenger ketika keramas. Produk ini merupakan alat bantu untuk mengaplikasikan hair oil atau hair serum. Anda juga bisa memijat kulit kepala memakai scalp messenger untuk melancarkan peredaran darah.

Memperhatikan Jadwal Keramas

Meskipun keramas adalah kebiasaan baik untuk merawat rambut, sebaiknya Anda juga memperhatikan intensitas keramas. Hindari keramas terlalu sering atau setiap hari. Kebiasaan keramas setiap hari atau terlalu sering terkadang justru membuat rambut kering atau kehilangan minyak alami. 

Disarankan idealnya keramas dilakukan sebanyak 3-4 kali dalam seminggu. Namun jika Anda terlalu sibuk dan tidak sempat keramas dengan jadwal tersebut, sebaiknya gunakan sampo yang lembut dan yang tidak membuat kulit kepala kering atau iritasi. 

Menggunakan Scalp Scrub

Kulit kepala juga membutuhkan eksfoliasi sama seperti kulit wajah. Anda bisa menggunakan scalp scrub kulit kepala sebanyak 2 kali dalam seminggu. Langkah ini berfungsi untuk menghilangkan penumpukan kotoran, minyak berlebih, dan sel kulit mati di area kulit kepala Anda. 

Demikianlah beberapa tips atau rahasia merawat kulit kepala agar tetap sehat. Ingat jangan hanya memperhatikan kondisi rambut saja, namun juga wajib menjaga kesehatan kulit kepala. Baca juga tips membilas rambut dengan air teh.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.