Bagikan:

YOGYAKARTA – Jurnal bersyukur atau gratitude journal ternyata memiliki manfaat bagi penulisnya. Manfaat menulis jurnal bersyukur akan dirasakan bagi kesehatan mental.

Artikel ini akan membahas informasi tentang jurnal bersyukur, mulai dari pengertian, manfaat, tips, hingga cara menulisnya.

Pengertian dan Manfaat Menulis Jurnal Bersyukur

Secara umum jurnal bersyukur bisa dipahami sebagai sebuah catatan harian yang ditulis dengan mencatatkan hal-hal yang disyukuri oleh penyusun jurnal. Hal yang yang disyukuri bisa beragam, mulai dari kejadian, peristiwa, kehadiran seseorang, atau apapun yang bisa disyukuri.

Salah satu manfaat menulis jurnal bersyukur adalah menjaga kewarasan agar tetap terjaga. Tak hanya itu ada beberapa manfaat jurnal bersyukur khususnya untuk kesehatan mental yakni sebagai berikut.

  1. Menjadikan Pribadi yang Lebih Bersyukur

Seperti namanya, jurnal ini ditulis dengan tujuan agar menjadikan diri sebagai pribadi yang lebih bersyukur atas pencapaian, kejadian, atau kehadiran seseorang di diri sendiri. Kondisi ini membantu pikiran untuk tetap tenang dan tidak ambisius.

  1. Sudut Pandang pada Kehidupan Jadi Lebih Baik

Jika Anda adalah tipe orang yang memandang dunia dengan cara yang suram dan menyedihkan, jurnal bersyukur bisa jadi salah satu cara untuk mengubah sudut pandang agar lebih baik. Sudut pandang yang baik tentu akan mengubah cara berpikir tentang kehidupan.

  1. Meningkatkan Kebijaksanaan

Seseorang yang mudah bersyukur mampu mengambil keputusan secara bijaksana karena tidak didasari pada nafsu yang ambisius. Kebijaksanaan ini tentu tidak dimiliki secara instan melainkan melalui proses yang panjang.

  1. Mencegah Stres dan Depresi

Stres dan depresi bisa dipicu oleh banyak hal, salah satunya adalah karena merasa iri melihat pencapaian orang lain. Jika tak dihilangkan, keduanya akan merusak jiwa secara pelan-pelan hingga memicu penyakit mental. Bahkan menulis jurnal bersyukur jadi salah satu keterampilan yang perlu dimiliki dalam mengatasi kecemasan.

  1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Rasa percaya diri juga bisa dibangun lewat jurnal bersyukur. Saat seseorang memiliki kepercayaan diri yang cukup, maka segala permasalahan yang menimpa akan dihadapi dengan tenang.

Cara Menulis Jurnal Bersyukur

Cara menyusun gratitude journal pada setiap orang berbeda-beda, disesuaikan dengan kemampuan dan kenyamanan diri sendiri. Namun intinya penulis jurnal cukup menulis apa saja yang bisa disyukuri, bagaimanapun bentuk, cara, dan intensitas waktunya.

Di luar dari hal tersebut, berikut ini beberapa tips menulis jurnal bersyukur bagi pemula.

  1. Memilih buku jurnal yang paling menarik di toko buku
  2. Penulisan bisa dilakukan secara periodik, atau menulis setiap menemui hal-hal yang bisa disyukuri
  3. Buat daftar apa saja yang bisa disyukuri, diikuti dengan deskripsi yang ditulis secara personal
  4. Usahakan menulis secara detil dan jelas
  5. Hindari topik yang melebar, jangan menulis hal-hal yang memicu perasaan negatif seperti rasa iri, dan sebagainya.

Itulah beberapa manfaat menulis jurnal bersyukur. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.