7 Potret Ariel Tatum yang Menemukan Kedamaian Diri dengan Menulis Jurnal Pribadi
Ilustrasi potret Ariel Tatum yang menemukan kedamaian diri dengan menulis jurnal pribadi (Instagram/@arieltatum)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Menyorot kondisi kesehatan mental, Ariel Tatum cerita tentang caranya mengatasi stres dan menemukan solusi pada kondisi tertentu yang dialami. Perempuan dengan nama lahir Ariel Dewinta Ayu Sekarini ini secara resmi bernama Ariel Putri Tari, dan populer dikenal dengan Ariel Tatum.

Aktris yang lahir pada 8 November 1996 ini, berkisah tentang masa kecilnya di akun Instagram @arieltatum. Ia menulis, sebagai anak perempuan Jawa, ia mengaku “Punya hobby manjat pohon dan hilang karena main kejauhan. Berkali-kali kepalanya bocor”. Intip potret cantiknya berikut sekaligus tipsnya untuk menjaga kedamaian diri dan kesehatan mental.

ariel tatum kesehatan mental
Ariel Tatum dan kesehatan mental (Instagram/@arieltatum)

Ariel Tatum bercerita bahwa ia bukan anak yang kemayu dan anggun saat masih kecil. Dulu, ia mengaku punya jiwa petualang, karena sering bermain jauh dari rumah dan kalau jatuh tetapi kuat. Tetapi seiring berjalan waktu, Ariel mengaku langkahnya semakin penuh dengan pertimbangan. Ia lebih sering ketakutan dalam memilih. Saat merayakan hari lahirnya, tahun lalu Ariel ingin “lebih berani melangkah lebih jauh dengan pijakan kaki lebih yakin”.

ariel tatum kesehatan mental
Tips Ariel Tatum untuk menjaga kesehatan mental (Instagram/@arieltatum)

Saat menjadi pembicara pada sesi Idea Talks Suviving Mental Crisis, ia memberikan tips untuk menciptakan kedamaian dalam diri sendiri. Menurutnya, tidak mungkin mengontrol semua yang ada di sekeliling. Untuk mengatasinya, tak perlu cemas karena tak memiliki keahlian khusus.

ariel tatum kesehatan mental
Potret Ariel Tatum yang bagikan tips untuk menjaga kesehatan mental (Instagram/@arieltatum)

Tips Ariel adalah dengan menulis jurnal dengan gaya yang dimiliki. Apa saja yang perlu ditulis? “Tidak apa-apa, just do it your own way. Terserah kalian, yang penting intinya tahu yang bikin kalian tuh senang apa, yang bikin bete apa, yang bikin stres apa”.

ariel tatum kesehatan mental
Potret Ariel Tatum (Instagram/@arieltatum)

Penting pula mengukur dan menyiapkan energi. Kata Ariel di JCC, Jakarta Pusat, “Setelah kamu pergi sama mereka, apa yang kamu rasain? Apakah mereka kasih kalian energi, atau mereka menyerap energi kalian sampai kalian merasa capek padahal cuma ngobrol biasa”.

ariel tatum kesehatan mental
 Potret Ariel Tatum yang berikan tips untuk menjaga kesehatan mental (Instagram/@arieltatum)

Mengukur energi ini, tujuannya biar tetap bisa mengontrol energi diri sendiri. Biar ke depannya, dapat mengalokasikan energi untuk tetap produktif.

ariel tatum kesehatan mental
Potret Ariel Tatum yang berikan tips untuk menjaga kesehatan mental (Instagram/@arieltatum)

Dua tips di atas, penting dilakukan dan sering dilakukan oleh Ariel. Karena mencatat segala pola tersebut dalam jurnal, ia merasa juga mencatat solusi ketika mengalami kondisi tertentu. 

ariel tatum kesehatan mental
Tips Ariel Tatum untuk menjaga kesehatan mental (Instagram/@arieltatum)

Ketika mengalami hal serupa, dengan melakukan tips dari Ariel di atas, bisa terekam solusi yang bisa dilakukan. Misalnya membutuhkan terapi atau cara lain untuk mengatasi hal tersebut.

Jurnal personal penting bagi Ariel Tatum. Dengan menulis jurnal, seseorang bisa menghemat energi dan waktu dalam mengembalikan kondisi mental di masa mendatang.