Bagikan:

JAKARTA - Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan stres, salah satunya dengan makan makanan yang enak. Tapi, jangan sampai stres membuat Anda kalap dan makan sembarangan yang pada akhirnya bisa merugikan kesehatan sendiri.

Anda juga harus tahu kalau sebenarnya ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk menghilangkan stres. Mau tahu apa saja makanan tersebut? Simak ulasannya di sini!

1. Makanan Berserat Tinggi

Salah satu jenis makanan pereda stres yang mungkin Anda konsumsi secara otomatis adalah makanan kaya karbohidrat. Meski bukan hal buruk jika dikonsumsi sedikit, tetapi ada cara lebih baik untuk mendukung suasana hati Anda. Yakni mengonsumsi makanan berserat tinggi.

'Makanan tinggi serat dapat membantu mencegah kenaikan dan penurunan gula secara cepat cepat yang selanjutnya dapat memperburuk stres dan meningkatkan kortisol.

Secara umum, makanan penyeimbang gula darah yang kaya serat meliputi:

  • Buah-buahan
  • Sayuran
  • Kacang dan lentil
  • Biji-bijian utuh seperti bulgur, beras merah, oatmeal, dan produk gandum utuh

Ini tidak berarti Anda harus memakan kubis meski Anda tak suka. Alih-alih, pikirkan tentang pertukaran yang bisa Anda lakukan untuk makanan enak yang Anda idamkan.

“Misal, jika Anda menginginkan mashed potato buatlah, buatlah mashed potato beserta kulitnya untuk menambah serat," saran Dr. Melina Jampolis, MD, dokter spesialis gizi.

Taburkan juga kayu manis untuk rasa manis dan untuk menambahkan polifenol, tambahnya. Berkat sifat anti-inflamasi dan antioksidannya, polifenol dikaitkan dengan kesejahteraan psikologis yang lebih baik pada orang dewasa dengan hipertensi.

2. Makanan Kaya Magnesium

Magnesium adalah nutrisi yang memainkan peran dalam lebih dari 300 reaksi tubuh, menurut National Institutes of Health (NIH), melansir Live Strong, Senin, 31 Juli. Salah satunya adalah sebagai pengatur stres. Sekitar setengah dari orang Amerika mendapatkan lebih sedikit magnesium dari makanan mereka daripada yang seharusnya, menurut NIH. (Orang dewasa harus mendapatkan 310 hingga 420 miligram per hari.)

Jika Anda stres, fokus pada makanan kaya magnesium sangat penting untuk respons stres yang sehat. Sumber magnesium yang baik meliputi:

  • Biji labu
  • Biji chia
  • kacang almond
  • Kacang mete
  • Kacang kacangan
  • Bayam yang dimasak
  • Susu kedelai
  • Kacang hitam
  • Edamame

3.Salmon

Jika Anda mengalami hari dengan tingkat stres tinggi, insting Anda mungkin memesan sesuatu yang berminyak atau mengandung keju. Sebaliknya, makanan anti-inflamasi yang terinspirasi dari daerah Mediterania akan menjadi makanan terbaik untuk menenangkan jiwa.

"Peradangan dapat mengurangi zat kimia otak yang disebut BDNF, yang dapat memengaruhi fungsi otak, suasana hati, dan tingkat kecemasan Anda secara negatif," kata Dr. Jampolis.

Periksa daftar makanan anti-inflamasi dan Anda akan menemukan ikan berminyak seperti salmon di bagian atas. Itu karena salmon kaya akan asam lemak omega-3, yang telah terbukti memperlambat produksi protein inflamasi dalam tubuh, dilansir Cleveland Clinic.

4. Cokelat Hitam

Bagi yang menginginkan makanan manis, buah adalah salah satu makanan yang membantu mengatasi stres. Namun, terkadang buah saja tidak cukup.

"Cokelat hitam adalah pilihan yang baik karena mengandung lemak, serat, dan polifenol, yang dapat mendukung fungsi otak yang sehat," kata Dr. Jampolis.

Lanjutkan dan pisahkan satu atau dua kotak dari bar favorit Anda (satu dengan lebih dari 70 persen kakao) atau siapkan muffin gandum dengan potongan cokelat hitam untuk cemilan siang hari yang menggugah selera.

5. Minuman Rendah Kafein

"Teh bagus untuk stres, karena mengandung theanine, bahan kimia penenang yang ditemukan dalam teh hijau," kata Dr. Jampolis. Terlebih lagi, teh itu hangat, yang meningkatkan tingkat kenyamanannya, katanya.

Pilihan lain yang disukai Dr. Jampolis meliputi:

  • Cokelat panas buatan sendiri dibuat dengan bubuk kakao, susu rendah lemak atau non-susu, dan stevia
  • Chai latte (dengan teh chai, susu pilihan, dan stevia)

Membuat minuman ini di rumah lebih cepat dan mudah serta menghemat asupan gula. Terlebih lagi, minuman ini rendah kafein karena kafein dapat memperburuk efek stres dan kecemasan pada beberapa orang dan menurunkan kualitas tidur.